Mudik, Navaro Gelar Edukasi Berkendara Bersama RSV Helmet dan KTM Kalimalang

Riyandy Aristyo ยท Senin, 27 Mei 2019 - 14:05 WIB
Mudik, Navaro Gelar Edukasi Berkendara Bersama RSV Helmet dan KTM Kalimalang

Journalist Vario Owner Community (Navaro) mendapatkan edukasi mengenai keselamatan berkendara bersam RSV dan KTM Kalimalang. (Foto: Navaro/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Mempererat silaturahmi antaranggota, Journalist Vario Owner Community (Navaro) menggelar puasa bersama Eksekutif Director RSV Helmet dan Operations Director KTM Kalimalang. Dalam kesempatan itu, mereka juga berbagi ilmu dalam berkendara.

"Kami sengaja membuat kegiatan buka puasa bersama di sela-sela agenda liputan teman-teman yang mayoritas adalah jurnalis," ujar Ketua Navaro, Raju Febrian di Kalimalang, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Dia menuturkan momen ini juga menjadi ajang mendapatkan edukasi mengenai keselamatan berkendara, terlebih banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung.

Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan pun berbagi tips memilih helm yang tepat untuk pemudik. Meski demikian, dia tidak menyarankan mudik menggunakan sepeda motor.

"Saat melakukan perjalanan mudik, sebaiknya pengendara maupun penumpang sepeda motor mengenakan helm model full face," kata Richard.

Dia menuturkan, walaupun penggunaan helm full face tidak senyaman helm half face tapi bicara keamanan dan keselamatan, helm full face jauh lebih safety. Apalagi, pemudik pasti mengendarai sepeda motor dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam.

"Kalau lihat dampak kecelakaan sama saja antara pengendara dan penumpang. Bahkan bisa lebih parah penumpang. Hal ini karena pengendara bisa mengetahui misalkan sepeda motor akan jatuh. Sementara penumpang tidak sesiap pengendara," katanya.

Richard menyarankan untuk membeli helm sekitar 2-3 bulan sebelum perjalanan mudik. Rentang waktu itu membuat pengguna bisa menyesuaikan helm. Langkah ini juga untuk menghindari efek pusing saat menggunakan helm baru.


Editor : Dani Dahwilani