Naikkan Performa Motor dengan Memotong Busi, Ini Dampaknya

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 17 April 2020 - 13:30 WIB
Naikkan Performa Motor dengan Memotong Busi, Ini Dampaknya

Berbagai cara dilakukan orang untuk menaikkan performa sepeda motor, di antaranya memotong kepala busi. (Foto: Ilustrasi/NGK)

JAKARTA, iNews.id - Berbagai cara dilakukan orang untuk menaikkan performa motor. Salah satunya dengan memotong kepala busi.

Benarkah cara demikian? "Kalau dibilang bagus, ya bagus. Tapi, itu tidak akan bertahan lama, karena berbahan nikel dan bagian yang lebih itu dibuat agar jangka waktu pemakaian panjang," ujar Technical Support NGK Busi Indonesia, Diko Octaviano, dalam keterangannya, Jumat (17/4/2020).

Diko menuturkan, tak hanya memotong bagian yang lebih, pemilik sepeda motor juga suka memodifikasi bagian Central Electorde atau yang disebut CE dengan berbagai bentuk.

"Banyak juga yang memodifikasi busi dengan lebih ekstrem di mana bagian CE-nya dibuat runcing dan seolah memiliki iridium. Mereka tidak sadar, kalau itu berbahan nikel," katanya.

Menurut Diko, jika ingin mendapatkan performa motor maksimal, bukan memodifikasi busi. Lebih baik memakai busi yang didesain khusus untuk meningkatkan performa sepeda motor.

"Daripada dipotong, lebih baik pakai busi yang khusus naikin performa motor. Misalnya, di produk kita ada NGK G Power, kalau sudah pakai itu, perbedaannya sangat terasa," ujar Diko.

Sebagai informasi, NGK G Power memiliki beberapa kelebihan daripada busi standar. Karena bersifat logam putih padat, busi ini diklaim tahan terhadap korosi bahan bakar pada suhu tinggi hingga 21 persen.

Tak hanya itu, busi ini juga memiliki keunggulan seperti meningkatkan efisiensi bahan bakar, emisi rendah, mudah distarter, menghindari gangguan pada sistem elektronik dan ujung platinum yang dapat mengurangi tegangan listrik.

Editor : Dani Dahwilani