Pabrik Rem Brembo Ditutup, Isolasi di Italia Ancam Industri Otomotif Dunia

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 11 Maret 2020 - 07:31 WIB
Pabrik Rem Brembo Ditutup, Isolasi di Italia Ancam Industri Otomotif Dunia

Brembo memandang isolasi yang dilakukan pemerintah Italia terkait penyebaran virus korona (Covid-19) mengancam industri otomotif global. (Foto: Brembo)

MILAN, iNews.id - Isolasi yang dilakukan pemerintah Italia terkait penyebaran virus korona (Covid-19) mengancam industri otomotif global. Hal tersebut diungkapkan produsen rem Brembo yang memasok komponen mobil premium di dunia.

Pemerintah Italia memutuskan mengunci seluruh wilayah sampai bulan depan, untuk mencegah penyebaran virus korona makin meluas. Italia sendiri merupakan negara yang paling parah terkena wabah tersebut di Eropa.

"Jika saya memikirkan langkah-langkah lain, ini bisa jadi hanya larangan transportasi barang dan perjalanan pekerja. Ini berarti menghentikan produksi di Italia," ujar Wakil Ketua Eksekutif Brembo, Matteo Tiraboschi, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (11/3/2020).

"Pengerjaan penuh untuk industri otomotif global akan sangat besar, karena suku cadang mobil yang diproduksi di Italia utara digunakan setengah dari pembuat mobil di dunia," kata Tiraboschi.

Dia juga meminta Eropa untuk mengkoordinasikan langkah-langkah apa pun terkait produksi manufaktur untuk mengekang wabah virus.

"Sekarang Italia ditutup, maka itu mungkin giliran Prancis dan mungkin juga Jerman. Kami berisiko tiga kali lipat waktu keseluruhan perjuangan ekonomi di Eropa: lebih baik tutup sama sekali sekarang,” kata Tiraboschi.

Italia sendiri merupakan rumah dari merek kendaraan ternama dunia, sebut saja Ferrari, Lamborghini, Fiat, Ducati, Maserati dan lainnya. Ditutupnya sejumlah pabrik utama di Italia diyakini akan memengaruhi produksi dan pengiriman produk ke sejumlah negara.

Editor : Dani Dahwilani