Pakai Motor Matik, Ini Akibatnya jika Telat Ganti Oli

Dani M Dahwilani ยท Senin, 21 September 2020 - 05:45 WIB
Pakai Motor Matik, Ini Akibatnya jika Telat Ganti Oli

Jika sering telat mengganti pelumas dalam jangka waktu cukup lama menimbulkan endapan dan performa mesin motor matik berkurang. (Foto: Federal)

JAKARTA, iNews.id - Populasi motor matik di Indonesia setiap tahun terus meningkat. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, penggunaan kendaraan pribadi terutama motor matik menjadi alternatif agar bisa menjaga jarak dengan orang lain untuk beraktivitas.

Namun, penggunaan motor matik dengan frekuensi tinggi harus diimbangi dengan perawatan mesin yang rutin. Salah satunya tidak telat mengganti pelumas alias oli motor.

Pelumas memiliki fungsi mengurangi gesekan komponen dan memberikan lapisan pada logam di dalam mesin. Komponen mesin jadi tidak cepat aus atau terkikis akibat gesekan, serta mendinginkan suhu panas pada mesin yang ditimbulkan akibat pembakaran.

Federal Oil General Manager, Sri Adinegara mengatakan, jika sering telat mengganti pelumas dalam jangka waktu yang cukup lama, dapat menimbulkan endapan di bawah mesin, dan berdampak pada performa mesin kurang maksimal ketika digunakan.

“Kami memahami pandemi virus corona (Covid-19) sangat memengaruhi aktivitas masyarakat Indonesia. Untuk itu, kami terus berupaya hadir dengan inovasi dan optimisme dalam memberikan program-program yang menarik bagi konsumen, sekaligus membantu mereka dalam menjalani aktivitas di masa yang sulit ini,” ujarnya, dalam keterangam tertulis dilansir iNews.id Senin (21/9/2020).

Dia menuturkan menginjak usia 32 tahun pada Agustus 2020, Federal Oil telah mengeluarkan produk-produk berkualitas sesuai kebutuhan pengguna motor di Indonesia. Di antaranya Federal Matic series (Federal Matic 30, 40, Ultratec Matic dan Y-Matic) yang dilengkapi teknologi pendingin mesin.

"Di tengah Covid-19, Federal Oil memberikan program berhadiah bagi konsumen bertajuk Sobek Berhadiah Federal Matic. Ini diperuntukan bagi para pengguna motor matik, dengan cara yang mudah dan berkesempatan mendapatkan hadiah langsung apabila beruntung," kata Sri.

Editor : Dani Dahwilani