Pengemudi Tesla Ditilang Polisi karena Tidur Pulas dengan Kecepatan Mobil 150 Km per Jam

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 20 September 2020 - 10:03 WIB
Pengemudi Tesla Ditilang Polisi karena Tidur Pulas dengan Kecepatan Mobil 150 Km per Jam

Pengemudi Tesla Model S tidur pulas dengan dengan mode autopilot pada kecepatan mobil 150 km per jam. (Foto: Carscoops)

PONOKA, iNews.id - Mobil listrik Tesla telah menyematkan teknologi autopilot (semi otonom) yang memberikan pengemudi kemudahan di jalan. Namun, bukan berarti teknologi tersebut tidak perlu campur tangan manusia.

Banyak kasus mobil Tesla menabrak kendaraan lain saat menggunakan mode autopilot. Namun, hal bodoh dilakukan pengendara Tesla di Kanada.

Sang pengemudi tidur pulas dengan dengan mode autopilot pada kecepatan 150 km per jam. Ini terungkap setelah kepolisian Kanada, Royal Canadian Mounted Police (RCMP), mendapat aduan sebuah mobil melaju kencang di Highway 2 dekat Ponoka.

Mobil yang melaju kencang bukanlah hal aneh, namun mereka mengatakan Tesla Model S melaju di atas 140 km/jam (87 mph) dengan dua orang tampak tidur di dalamnya adalah tindakan berbahaya.

Dilansir dari Carscoops, Minggu (20/9/2020), Petugas Lalu Lintas RCMP Alberta menanggapi dan menemukan kendaraan itu. Setelah mereka menyalakan lampu darurat "Tesla secara otomatis mulai berakselerasi" dan radar petugas memeriksa kendaraan "memastikan mobil melaju secara otomatis berakselerasi hingga tepat 150 km/jam (93 mph).

Petugas kemudian menghentikan kendaraan yang 'dikendarai' seorang pria berusia 20 tahun asal British Columbia. Dia ditilang dituduh ngebut dan izin mengemudinya ditangguhkan sementara selama 24 jam.

Setelah penyelidikan lebih lanjut dan konsultasi dengan jaksa, pengemudi tersebut didakwa dengan tindakan mengemudi berbahaya yang disebut sebagai "pelanggaran serius. Pengemudi menangani kendaraan bermotor dengan cara membahayakan keselamatan publik.

Kasus ini akan disidangkan pada Desember mendatang. Undang-undang setempat menyarankan pelaku dihukum, izin mengemudinya ditangguhkan selama satu tahun dan menghadapi hukuman lima tahun penjara.

Dalam pernyataannya, Superintendent of Alberta’s RCMP Traffic Services mengatakan, “Meskipun produsen kendaraan telah memasang pengaman untuk mencegah pengemudi memanfaatkan sistem keselamatan baru dalam kendaraan, sistem itu hanya fitur keselamatan tambahan.”

Ini bukan sistem yang dapat mengemudi sendiri. Pengendalian tetap tanggung jawab pengendara.

Editor : Dani Dahwilani