Penyebab Korsleting Listrik dan Kebakaran Mobil akibat Gigitan Tikus, Ini yang Harus Diperhatikan

Riyandy Aristyo · Jumat, 27 November 2020 - 18:17:00 WIB
Penyebab Korsleting Listrik dan Kebakaran Mobil akibat Gigitan Tikus, Ini yang Harus Diperhatikan
Wajib bagi pemilik kendaraan memeriksa dan merawat komponen-komponen mobil agar tidak rusak akibat gigitan tikus. (Foto: Bugmaster)

JAKARTA, iNews.id - Salah satu komponen penting pada mobil adalah kelistrikan. Sebab itu, wajib bagi pemilik kendaraan memeriksa dan merawat komponen-komponen mobil agar tidak rusak.

Kasus yang paling sering terjadi pada pemilik kendaraan adalah kabel kelistrikan putus akibat digigit tikus. Ini sangat berbahaya karena berisiko korsleting dan terbakar.

"Penyebab utama mobil sering korsleting adalah karena ada kabel terbuka karena digigit tikus dan dibiarkan lama. Si pemilik tidak mengetahuinya karena tidak memeriksa," ujar Chief Mechanic Maxxwire, Leon saat ditemui iNews.id, belum lama ini.

Si pemilik juga belum tentu tahu kabel apa yang digigit tikus hingga menyebabkan korsleting. Bisa jadi itu kabel pengapian yang membuat performa mesin jadi turun atau paling parah tak bisa dihidupkan.

"Usia kabel biasanya tahan hingga 20 tahun. Tapi jika kendaraan terparkir di tempat yang banyak hama tikus, bisa saja cepat rusak sebelum satu tahun pemakaian," katanya.

Dia menyarankan kendaraan harus dalam keadaan bersih terutama bekas makanan agar tidak memancing tikus datang. Saat perbaikan, cari kabel yang aman dari hama tikus. Salah satunya Maxxwire. "Bentuknya adalah rangkaian kabel, yang dipasangkan pada ECU dan sistem pengapian," ujar Leon.

Dia menjelaskan, peranti ini dapat menghasilkan sistem pembakaran lebih baik, sehingga emisi gas buang yang dihasilkan lebih rendah. Harga kabel ini dijual mulai dari Rp1 juta hingga Rp2,25 juta.

"Rangkaian kabel dari Maxxwire ini bisa memaksimalkan kelistrikan, tenaga dan torsi kendaraan sejak putaran mesin awal," ujarnya.

Editor : Dani M Dahwilani