Quasar Ciptakan Pengisi Daya Listrik 2 Arah, Bisa Dipakai Rumah dan Mobil

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 07:25 WIB
Quasar Ciptakan Pengisi Daya Listrik 2 Arah, Bisa Dipakai Rumah dan Mobil

Sebagai charger electric vehicle (EV) dua arah pertama di dunia untuk rumah, unit ini tidak hanya akan mengisi daya mobil listrik, tapi juga mengambil energi dari perangkat. (Foto: Carscoops)

LAS VEGAS, iNews.id - Sejumlah perusahaan teknologi telah bereksperimen dengan sistem pengisian dua arah. Quasar merealisasikannya dengan meluncurkan sistem pengisi daya Wallbox di pameran CES 2020, Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Dilansir dari Carscoops, Kamis (9/1/2020), sebagai charger electric vehicle (EV) dua arah pertama di dunia untuk rumah, unit ini tidak hanya akan mengisi daya kendaraan listrik, tapi juga mengambil energi dari perangkat. Energi ini kemudian dapat dimasukkan kembali ke jaringan listrik atau digunakan memberi daya pada rumah.

Ini membuat sistem pengisi daya cukup menarik karena Anda dapat menggunakan kendaraan listrik untuk memberi daya pada rumah jika terjadi keadaan darurat. Pengisi daya juga dapat membayar sendiri karena memungkinkan perusahaan energi mengambil daya dari EV Anda saat permintaan tinggi.

Perusahaan-perusahaan ini kemudian akan membayar Anda, mirip dengan cara mereka membayar pemilik rumah untuk mendapatkan daya dari panel surya.

Pengisian dua arah bukanlah hal baru, Wallbox mengatakan, pengisi daya ini berukuran besar, dirancang untuk armada dan harganya tiga kali lipat dari pengisi daya standar. Namun, mereka kini membuat perangkat lebih kompak dan efisien.

Perusahaan tidak menyebutkan berapa harga perangkat ini. Namun, aplikasi seluler memungkinkan pemilik dengan mudah mengelola penggunaan daya mereka.

Aplikasi ini juga akan memungkinkan pengguna menetapkan batas pemakaian daya yang dapat diambil dari EV mereka, sehingga driver tidak perlu khawatir baterai habis.

Di sisi teknologi, pengisi daya dapat dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah opsional. Ini memungkinkan pemilik memberi teman dan tetangga akses ke pengisi daya, jika dipasang di luar.

Quasar sendiri merupakan pengisi daya Level 2 yang kompatibel dengan konektor Tipe 1 dan CHAdeMO. Model yang mendukung pengisian dua arah ini adalah Nissan Leaf dan Mitsubishi Outlander PHEV.

Editor : Dani Dahwilani