Siswa Ini Buat Replika Honda Super Cub 100 dari Kardus Bekas

Riyandy Aristyo, Abdul Rahem ยท Jumat, 08 Mei 2020 - 13:30 WIB
Siswa Ini Buat Replika Honda Super Cub 100 dari Kardus Bekas

Siswa ini membuat kerajinan tangan dari kardus bekas dengan sempurna dan detail di setiap bagian Honda Super Cub 100. (Foto: Jalopnik/Honda)

YAWATAHAMA, iNews.id - Setelah sekelompok anak muda Vietnam menciptakan replika supercar dari kardus, giliran siswa dari Sekolah Tinggi Teknik Hachimanhama, Yawatahama, Jepang, menyulap kardus bekas jadi Honda Super Cub 100.

Dilansir dari Jalopnik, Jumat (8/5/2020), enam orang siswa dari jurusan seni ini membuat kerajinan tangan tersebut dengan sempurna dan detail di setiap bagian Honda Super Cub 100. Prosesnya pun tidak mudah.

Langkah pertama yang mereka buat adalah menggambar pola di kardus bekas. Setelah pola terbentuk, kardus-kardus tersebut kemudian dipotong menggunakan gergaji benang.

Seorang siswa mengatakan, proses pengerjaan replika ini dimulai dari pembuatan velg dan roda karena cukup mudah dibuat. Agar velg jari-jarinya kuat dan bisa menopang ban, mereka melapis kardus dengan kayu.

Tak hanya roda, bagian setang, pedal transmisi, tuas rem, hingga pijakan kakinya dibuat dengan sangat detail. Bagian joknya juga bisa dibuka dan di bawahnya terdapat tangki bahan bakar serta penutup yang bisa dibuka tutup.

Kardus yang mereka gunakan, didapatkan dari gudang sekolah dan membeli di toko. Setidaknya, 50 kotak kardus dibutuhkan untuk membuat replika Honda Super Cub dengan skala 1:1.

Proses pembuatan replika Honda Super Cub 100 ini memakan waktu hingga 3 bulan. Mereka memamerkan hasil karyanya di sebuah festival budaya tahunan yang digelar sekolah.

Editor : Dani Dahwilani