Tanda-Tanda Ban Mobil Sudah Harus Diganti

Fikri Kurniawan · Senin, 03 Mei 2021 - 06:17:00 WIB
Tanda-Tanda Ban Mobil Sudah Harus Diganti
Jika ban mobil sudah rusak atau tua, demi kenyamanan dan keamanan berkendara segera ganti yang baru. (Foto: Daihatsu)

JAKARTA, iNews.id -  Ban adalah komponen sangat penting pada mobil. Bukan hanya berfungsi sebagai bagian dari penggerak mobil, ban juga berperan bagi keselamatan, kenyamanan penumpang, keiritan konsumsi BBM, ketahanan komponen kaki-kaki mobil, dan sebagainya.  

Seperti komponen lain pada kendaraan, ban juga memiliki masa pakai. Kondisi ban harus mendapat perhatian khusus dari pemilik mobil.

Bagaimana ciri-ciri ban sudah harus diganti? Dilansir dari laman resmi Auto2000, Senin (3/5/2021), berikut tanda-tanda ban harus diganti. 

1. Jarak tempuh sudah 40.000 Km 

Walau usia pakai belum sampai 3 tahun, ban juga sebaiknya diganti jika jarak tempuh kendaraan sudah mencapai 40 ribu kilometer. Meskipun kelenturan masih bagus, ban yang sudah menempuh jarak jauh akan mengalami keausan. 

Untuk pemakaian normal, pada umumnya mobil menempuh sekitar 15 – 20 ribu km per tahun, sehingga 40 ribu km tercapai dalam waktu sekitar 2 hingga 3 tahun. 

2. Ketebalan tapak ban mencapai batas TWI 

Setiap ban mobil pasti diberi indikasi Tread Wear Indicator (TWI), sebuah tanda batas keausan ban yang diizinkan untuk bisa dipakai. Jika kembang ban sudah menyentuh segitiga TWI, ban sudah harus diganti.  

Ada dua posisi indicator TWI pada ban, yaitu di bagian tepi ban dan di tengah telapak ban.  

Untuk yang di tepi, akan terlihat segitiga kecil di area bawah kembang ban, sedangkan yang di tengah telapak ban berupa tonjolan yang tidak sampai setinggi kembang ban. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2 3