Tips Merawat Pelek Kendaraan agar Awet, Ini yang Harus Dihindari

Riyandy Aristyo · Rabu, 09 Desember 2020 - 07:14:00 WIB
Tips Merawat Pelek Kendaraan agar Awet, Ini yang Harus Dihindari
Jika pelek rusak, tidak hanya merusak penampilan, tapi juga memengaruhi kenyamanan dan keamanan kendaraan.  (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Hampir semua komponen pada kendaraan bermotor memerlukan perawatan. Tak hanya mesin, bagian pelek (velg) juga tidak boleh diabaikan.

Pelek merupakan bagian vital pada kendaraan yang menopang lansung ban. Jika rusak, tidak hanya merusak penampilan, tapi juga memengaruhi kenyamanan dan keamanan kendaraan. 

Pemilik kios pelek mobil WRP Wheel, Nico Iskandar mengatakan, agar pelek selalu awet dan berusia panjang usahakan hindari jalanan berlubang serta jangan berkendara terlalu dekat dengan trotoar.

"Hindari berkendara terlalu dekat dengan trotoar. Apalagi pelek yang dipakai berukuran lebar, berisiko terkena trotoar dan menyebabkan baret," ujarnya saat dihubungi iNews.id, Selasa (8/12/2020).

Menurut Nico, merawat pelek tidaklah sulit. Mau pelek dengan harga murah atau mahal, perawatannya sama asalkan pengemudi tidak ugal-ugalan.

"Mau pakai pelek dari harga murah sampai yang mahal, kalau sudah sering kena lubang jalan, rusaknya juga sama. Jadi, berkendaralah secara hati-hati," kata Nico.

Dia menyarankan pelak untuk dicuci secara rutin. Cara mencucinya mudah, cukup membilas menggunakan sabun dan air bersih, kemudian dilap.

"Sering-sering dicuci. Cuci biasa aja pakai air mengalir dan sabun cair. Tapi ingat, jangan disikat supaya tidak baret. Yang disikat cukup bagian karet bannya saja," ujarnya.

Editor : Dani M Dahwilani