Yuk, Kenali Tanda-Tanda Kebocoran Radiator Mobil

Riyandy Aristyo ยท Senin, 13 Januari 2020 - 13:10 WIB
Yuk, Kenali Tanda-Tanda Kebocoran Radiator Mobil

Perawatan radiator perlu dilakukan secara rutin. (Foto: Monitor)

JAKARTA, iNews.id - Radiator merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, khususnya mobil. Lantaran fungsinya yang vital untuk menurunkan suhu tinggi mesin, perawatan radiator harus diperhatikan agar tidak mengalami kebocoran.

"Setidaknya, ada empat penyebab radiator mobil mengalami kebocoran. Salah satunya adalah usia pemakaian komponen tersebut," kata Ardi Luna, pemilik bengkel mobil Ardi Jaya Motor di Cinere, Jakarta saat dihubungi iNews.id, Selasa (13/1/2020).

Berikut adalah empat penyebab kebocoran radiator menurut Ardi Luna, sebagaimana dirangkum iNews.id.

1. Kerusakan Dinding Radiator

Radiator biasanya terletak di bagian depan mesin. Hal ini bertujuan agar komponen itu mendapatkan udara segar dari gril yang terbuka. Namun, risiko kerusakan juga tak bisa dihindari. Misalnya, tertabrak batu kecil atau hewan serangga.

"Hewan seperti serangga atau krikil kecil yang tak sengaja terlepar dan membentur dinding radiator, bisa membuat radiator cepat rusak," kata Ardi.

2. Saluran Terhambat

Kebocoran radiator juga bisa disebabkan karena saluran yang terhambat. Jika mengisi radiator dengan air biasa, usahakan air tersebut bersih dan tidak ada partikel-partikel kecil yang dapat menyumbat saluran radiator.

"Usahakan untuk cek kebersihan air kalau mengisi radiator. Bisa saja air tersebut membawa kotoran yang menyebabkan penyumbatan. Disarankan untuk melakukan pengecekan berkala setiap 30.000 km atau 40.000 km," katanya.

3. Mulai Getas

Radiator memiliki komponen pendukung berupa selang yang terbuat dari karet dan tabung dari plastik. Karena posisinya dekat dengan panas mesin, kedua komponen tersebut sangat rentan getas atau meleleh.

"Jika kedua komponen itu getas, lama-kelamaan akan membuat radiator rusak atau kebocoran," ujar Ardi.

4. Umur Radiator

Setiap komponen mobil memiliki masa pemakaiannya sendiri-sendiri. Biasanya untuk radiator cukup lama masa pakainya, bahkan jika rajin dirawat bisa sampai 10 tahun.

"Usia radiator rata-rata mampu mencapai 10 tahun. Tapi jika radiator sudah mengalami keretakan dan kebocoran, segera diganti," ujarnya.

Editor : Tuty Ocktaviany