100 Anggota Komunitas Mobil Hitam Napak Tilas Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Selasa, 06 Agustus 2019 - 08:05:00 WIB
100 Anggota Komunitas Mobil Hitam Napak Tilas Sejarah Kemerdekaan Indonesia
Komunitas mobil hitam yang tergabung dalam IBCC menggelar Rolling Thunder Wisata Merah Putih 2019.

JAKARTA, iNews.id - Komunitas mobil hitam yang tergabung dalam Indonesia Black Car Community (IBCC) menggelar Rolling Thunder Wisata Merah Putih 2019. Kegiatan dalam menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 ini dikemas dengan konsep fun, family and humanity yang diikuti sekitar 100 anggota.

Ketua IBCC Agus Supratikno mengemukakan, dalam napak tilas ini dipilih daerah bersejarah Rengasdengklok karena berkaitan erat dengan persiapan Kemerdekaan RI. Di mana pada 16 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta,diculik kelompok pergerakan muda ke Rengasdengklok.

"Sebelum kita merayakan kemerdekaan 17 Agustus, kita mengajak komunitas untuk menapak tilas dari Rengasdengklok, memberi edukasi, bagaimana asal usulnya, di mana rumah para proklamator diistirahatkan. Kemudian kita juga belajar sejarah budaya Sunda" ujar Agus, baru-baru ini.

Selain wisata sejarah, kegiatan yang didukung Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III ini diadakan aktivitas menarik, seperti games edukasi sejarah, product knowledge Pertamina, penanaman pohon, pemberian santunan kepada anak yatim, serta edukasi bijak menggunakan ponsel di SPBU.

"Karena acara kami konsepnya keluarga, selain edukasi sejarah juga kami selipkan pesan Go Green, berupa edukasi pelestarian lingkungan dengan aksi penanaman pohon, edukasi budaya dengan permainan angklung dan kegiatan sosial pemberian bantuan alat sekolah bagi Yayasan Budaya Sunda yang berada di Rengasdengklok," kata Agus.

Sementara itu, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III, Dewi Sri Utami menerangkan, kegiatan dengan komunitas IBCC yang merupakan konsumen setia bahan bakar Pertamina ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke -74.

"Bersama IBCC, konsep acara sengaja dibuat menyenangkan (fun) bersama keluarga (family), serta dilengkapi kegiatan kepedulian kepada masyarakat melalui program CSR, serta upaya-upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik (humanity)," kata Dewi.

Editor : Dani M Dahwilani