1.000 Hari di Indonesia, Wuling Suntikkan Virus Standar Layanan Tinggi ke Seluruh Dealer

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 28 April 2020 - 16:57 WIB
1.000 Hari di Indonesia, Wuling Suntikkan Virus Standar Layanan Tinggi ke Seluruh Dealer

Anggapan mobil China gampang rusak dan tidak memiliki jaminan purnajual dijawab Wuling dengan membangun 115 dealer. (Foto: Dani M Dahwilani/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kepercayaan konsumen di Indonesia terhadap merek mobil China perlahan tumbuh. Ini dibuktikan Wuling dengan kehadirannya 1.000 hari di pasar Tanah Air.

Anggapan mobil China gampang rusak dan tidak memiliki jaminan purnajual dijawab Wuling dengan membangun 115 dealer berstandar tinggi di sejumlah daerah Indonesia.

Hal ini diakui dealer resmi Wuling Arista Group. Mereka melihat saat ini tidak ada perbedaan antara mobil China atau mobil Jepang. Masyarakat sudah tahu kualitas produk dan layanan Wuling.

"Konsumen sudah tahu kualitas mobil Wuling. Sekarang yang menentukan penjualan adalah pilihan konsumen itu sendiri," ujar Co-Founder and Director of Arista Group, Ali Hanafiah dalam video conference, Senin (27/4/2020).

Dia menuturkan secara produk Wuling merupakan brand mobil China dengan mengusung teknologi General Motors (GM). Di mana produsen mobil Amerika Serikat (AS) ini juga memiliki saham di Wuling.

"Ini tercermin dari produknya. Saya melihat Wuling sebagai kendaraan tangguh dan modern berteknologi Amerika, dipadukan dengan layanan cepat dan prima dari Asia. Inilah yang menjadi keunggulan Wuling dan kepercayaan konsumen cepat tumbuh," kata Ali.

Sebagai dealer resmi Wuling, Ali menuturkan Arista Group menerapkan standar pelayanan tinggi dengan kepuasan pelanggan sebagai prioritas. "Sekarang konsumen Wuling cari dealer gampang. Servis dimanapun bisa. Bahkan, di saat pembatasan sosial seperti saat ini, dealer tetap buka melayani layanan emergency," katanya

Perjalanan Wuling berawal dari kehadiran low MPV Confero sebagai produk perdana. Kemudian lahir medium MPV Cortez, kendaraan niaga Formo dan model SUV Almaz. Ini manjadikan konsumen mendapat banyak pilihan.

Bagaimana dengan penjualan Wuling? Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom mengungkapkan, penjualan Wuling selama 1.000 hari sangat positif. Tercatat lebih dari 45.000 unit terjual, masing-masing Confero 26.550 unit, Almaz 9.903 unit, Cortez 9.466 unit dan Formo 485 unit. "Penjualan ini bagi kami sangat baik. Ini membuktikan produk Wuling diterima positif pasar Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Product Planning Wuling Motors, Danang Wiratmoko mengatakan, sebagai pendatang baru tantangan terberat adalah bagaimana membangun kepercayaan imej mobil China sebagai kendaraan utama konsumen Indonesia.

"Tak terasa memasuki 1.000 hari kehadiran Wuling di Indonesia, kami bisa memberikan kepercayaan brand otomotif China. Kami tidak lagi menjadi anak bawang, Wuling masuk 10 merek mobil terlaris di pasar nasional. Ini menjadi tantangan kami ke depan bagaimana menjawab kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berkembang," katanya.

Editor : Dani Dahwilani