2 Pengendara Mobil Listrik Tesla Model S Tewas Terbakar, NHTSA Selidiki Kasus

Dani M Dahwilani · Rabu, 21 April 2021 - 15:01:00 WIB
2 Pengendara Mobil Listrik Tesla Model S Tewas Terbakar, NHTSA Selidiki Kasus
Pengendara tewas diduga menggunakan fitur Autopilot, karena pada saat ditemukan dua korban dalam posisi di kursi penumpang tanpa ada pengemudi. (Foto: Carscoops)

TEXAS, iNews.id - Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) Amerika Serikat tengah menyelidiki kecelakaan fatal Tesla Model S yang menewaskan dua orang di Texas. Saat ditemukan, tak seorang pengendara berada di kursi pengemudi.

Ketika polisi tiba di lokasi kejadian, mereka menemukan seseorang duduk di kursi penumpang depan dan satu di kursi belakang tetapi tidak ada seorang pun di kursi pengemudi. Ini mengisyaratkan sistem Autopilot kendaraan telah diaktifkan. 

Namun, CEO Tesla Elon Musk mengklaim Autopilot tidak diaktifkan pada saat kecelakaan karena mobil tersebut tidak memiliki kemampuan Full Self-Driving.

"Data log pulih sejauh ini menunjukkan Autopilot tidak diaktifkan dan mobil ini tidak membeli FSD," tulis Musk di Twitter. “Selain itu, Autopilot standar akan membutuhkan jalur khusus untuk diaktifkan, yang tidak dimiliki jalan ini,” katanya di Twitter.

Tak lama setelah Musk berkomentar di Twitter, perwira polisi senior dari Texas mengatakan surat perintah penggeledahan akan diberikan kepada produsen mobil untuk mengamankan data kecelakaan itu.

"Jika dia men-tweet itu, jika dia sudah menarik datanya, dia belum memberi tahu kami tentang itu," kata Polisi Harris County, Mark Herman kepada Reuters. "Kami akan sangat menantikan data itu," ujarnya.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2