5 Hal Konyol Penyebab Mobil Terbakar, Paling Nyesek Gara-Gara Lap Tertinggal dalam Kap Mesin 

Bertold Ananda · Rabu, 16 Juni 2021 - 07:01:00 WIB
5 Hal Konyol Penyebab Mobil Terbakar, Paling Nyesek Gara-Gara Lap Tertinggal dalam Kap Mesin 
Kasus kebakaran mobil yang terjadi selama ini kebanyakan akibat kelalaian pengguna kendaraan. (Foto: nj)

JAKARTA, iNews.id - Peristiwa mobil terbakar menjadi hal paling tidak diinginkan pengguna kendaraan. Taruhannya bukan nyawa pengendara sendiri, tapi juga penumpang dan orang sekitar. 

Sebab itu, periksa dan perhatikan kondisi kendaraan Anda secara rutin sebelum digunakan. Terlebih, kasus kebakaran mobil terjadi kebanyakan akibat kelalaian pengguna kendaraan sendiri.  

Mulai dari korsleting listrik, membawa barang-barang yang mudah terbakar dan malas memeriksa kondisi ruang mesin. Berikut lima hal konyol dapat menyebabkan mobil kebakaran.

1. Modifikasi Elektronik 

Tidak ada larangan memodifikasi mobil. Namun, untuk urusan terkait elektronik dan kelistrikan sebaiknya diserahkan kepada mekanik yang andal. 

Jika pemasangannya sembarangan bisa menjadi mimpi buruk bagi Anda. Kabel-kabel kelistrikan berserta sambungannya yang tidak tertata dengan rapi bisa memicu arus pendek (korsleting) dan kebakaran. Pastikan Aksesories yang terpasang pada mobil memiliki sambungan kabel dengan benar. 

2. Tutup bensin 

Bensin adalah bahan bakar yang mudah terbakar. Sebab itu, selalu cek dan rapatkan tutup bensin untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Bila didapati tutup bensin rusak atau sobek segera ganti baru. 

3. Kebocoran bahan bakar 

Anda harus peduli dengan kondisi kendaraan. Sering-seringlah mengecek mobil tidak hanya di bagian luar, tapi juga kolong. Ini untuk memastikan tidak ada tetesan cairan asing yang terdapat pada mobil.  

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2