5 Karoseri Bus Tertua di Indonesia, Ada yang Diklaim sebagai Pembuat Bodi Bus Terbaik
JAKARTA, iNews.id - Terdapat sejumlah karoseri bus tertua di Indonesia yang menarik untuk diulas. Pamor karoseri lokal memang sudah terkenal sejak lama.
Tak hanya itu, karoseri tertua di Indonesia berikut ini juga terkenal dengan kualitasnya dan sering menjadi langganan perusahaan otobus (PO) di Tanah Air.
Karoseri adalah jasa pembuat body dan interior kendaraan atau bus di luar chasis dan mesin yang diproduksi oleh pabrik. Beberapa karoseri terkenal akan garapan dan kualitasnya yang apik.
Meski ada yang tidak akfi lagi, beberapa karoseri tertua masih eksis dan terkenal sampai sekarang. Berikut adalah beberapa karoseri bus terbaik buatan Indonesia yang dirangkum iNews.id, Selasa (29/11/2022).
New Armada masuk sebagai jajaran karoseri terbaik di Indonesia. Karoseri ini telah ada sejak 1974 dan dipelopori oleh pengusaha David Herman Jaya.
Bermarkas di Jalan Raya Mertoyudan, proyek pertama karoseri New Armada semula adalah mobil mobil pick up dengan chasis Mitsubishi Colt T120SS.
Karena kualitasnya, karoseri ini eksis sampai sekarang dan bahkan mampu menembus pasar luar negeri. Beberapa produknya yang terkenal antara lain adalah Aristovo, All New Aristo, Evonext, hingga Evolander Super High Deck.
Berikutnya, ada karoseri Adi Putro telah berdiri sejak tahun 1973. Karoseri ini telah memproduksi body dan interior terbaik yang banyak diminati oleh PO Bus. Karoseri ini juga berasal dari Malang dan diklaim sebagai pelopor tren bus tingkat di Indonesia.
Telah banyak PO bus besar yang mempercayakan armada mereka untuk digarap oleh karoseri Adi Putro. Sebut saja seperti ALS, Agra Mas, Budiman, Haryanto, Lorena, NPM, Pahala Kencana, Pandawa 87, Juragan 99, Rosalia Indah, Sinar Jaya dan masih banyak lagi yang sering memakai memakai karoseri ini untuk bus eksklusif.
Karoseri Laksana semula adalah usaha toko mesin yang mengkhususkan diri pada mesin otomotif yang berdiri pada tahun 1967. Hingga pada tahun 1970-an, toko mesin tersebut kemudian berkembang pesat dan menjelma menjadi penggarap bodi kendaraan.
Laksana yang semula toko mesin otomotif kemudian mendirikan beberapa divisi, termasuk divisi auto manufaktur dengan produk utamanya adalah mobil Mitsubishi T120 Minivan. Hingga pada akhirnya, Laksana berkembang semakin pesat dan disebut sebagai karoseri dengan jumlah produk paling banyak di antara industri karoseri yang lainya.
Morodadi Prima adalah salah satu produsen bodi bus atau karoseri tertua dari Malang, Jawa Timur. Morodadi Prima telah membuat bodi untuk kendaraan sejak tahun 1964 dan mampu bertahan hingga saat ini.
Karoseri Morodadi Prima terkenal dengan kualitas bodinya yang kokoh. Karoseri ini dikenal dengan dengan line up bodi bus besar yang bergaya Eropa.
Sebagai contoh adalah bodi bus New Patriot yang memiliki tampilan sangat khas dan terinspirasi dari Daimler Setra. Morodadi Prima juga menggarap panoramic roof milik PO Safari Dharma Sakti atau PO Safari Dharma Raya.
Rahayu Santosa sering disebut-sebut sebagai karoseri bus tertua di Indonesia. Karoseri asal Cibinong itu telah berdiri sejak tahun 1951 oleh Bambang Mulyadi.
Pada masa jayanya, Rahayu Santosa terkenal dengan kualitas garapannya yang kuat dan andal. PO Antar Lintas Sumatera (ALS) dan PO Rasa Sayang Jaya adalah dua dari sekian banyak PO yang pernah memakai bodi buatan Rahayu Santosa.
Adapun salah satu bus paling keren yang pernah dikerjakan adalah bus tingkat Jetliner Double Deck. Bus ini muncul pertama kali muncul pada 2016 dan dirancang sebagai bus mewah dengan yang operator pertamanya adalah PO Paradep Trans.
Sayangnya, karoseri ini dikabarkan tutup pada akhir tahun 2018 lalu. Meski dikabarkan tutup sementara, karoseri ini dikabarkan bangkrut dan kalah bersaing dengan karoseri-karoseri baru.
Itulah 5 karoseri bus tertua di Indonesia. Nama-nama yang disebutkan tersebut sudah sangat tidak asing lagi di dunia otomotif Tanah Air khususnya transportasi bus.
Editor: Komaruddin Bagja