6 Fakta Menarik Nissan GTR R35 yang Dikendarai Wakil Jaksa Agung Arminsyah

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 05 April 2020 - 12:01 WIB
6 Fakta Menarik Nissan GTR R35 yang Dikendarai Wakil Jaksa Agung Arminsyah

Koleksi penggemar mobil sport, nama mobil Nissan GTR R35 mendadak menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. (Foto: Carscoops)

JAKARTA, iNews.id - Nama mobil Nissan GTR R35 mendadak menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Ini setelah mobil tersebut mengalami kecelakaan maut yang menewaskan Wakil Jaksa Agung Arminsyah di Kilometer 13 Tol Jagorawi.

Mobil dijual terbatas, sehingga tidak semua orang dapat membelinya. Berikut fakta-fakta mengenai Nissan GTR R35?

1. Awal Kelahiran Mobil

Sebelum menjadi nama Nissan GTR, sejatinya mobil ini lahir dari platform Prince Skyline Deluxe pada 1957. Mobil tersebut awalnya bukan dibuat Nissan, tapi Prince Automobile. Berbekal mesin 1.500 cc 4 silinder, memiliki tenaga sebesar 60 dk. Mobil ini dibuat untuk pasar mobil mewah.

Pada 2007, Skyline dan GT-R berpisah platform. Untuk pasar Amerika, 370 GT dijual sebagai Infinity V35. Berbekal mesin V6 3.700 cc berkode VQ37VHR, mobil ini mampu menghasilkan 328 dk.

Nama GTR berdiri sendiri pada 2009. Mobil yang berorientasi pada performa ini menggendong mesin baru VR38DETT V6 3.800 cc, disalurkan melalui transmisi 6 percepatan dual clutch ke penggerak AWD

2. Bertenaga Buas

Nissan GTR R35 generasi terbaru merupakan sedan sport dengan performa buas. Tenaganya dihasilkan dari mesin 3,8 liter turbocharged yang mampu memuntahkan tenaga hingga 592 hp dan torsi 665 Nm. Mobil ini diklaim dapat berakeselerasi dari 0-100 km dalam waktu kurang dari 3 detik.

3. Dijual Terbatas

Nissan GTR R35 dipasarkan di Indonesia hanya beberapa unit. Hadir terbatas, mobil ini harganya mencapai Rp2,5 miliar (tergantung kurs dan aksesoris opsional).

4. Simpanan Kolektor

Berdasarkan data komunitas GTR Owner Club Indonesia (GOCI) jumlah pemilik Nissan GTR di Indonesia sekitar 50 orang. Tak heran, mobil ini kebanyakan menjadi simpanan kolektor.

5. Main di Film Animasi

Nissan GTR menjadi salah satu pemeran utama di serial animasi Initial D. Mobil ini diceritakan bersaing dengan Toyota AE86 Trueno dalam balap drift yang berlangsung di Bukit Akina, Japang.

Tokoh utama dalam film animasi ini adalah Takumi Fujiwara yang mengendarai Toyota AE86 Trueno. Sementara tokoh antagonisnya adalah Takeshi Nakazato yang mengendarai Nissan Skyline GT-R dengan kode BNR32. Ini menjadi salah satu inspirasi penyuka mobil Jepang tersebut.

6. Kecelakaan Maut

Nissan GTR R35 mendadak menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Ini setelah mobil tersebut mengalami kecelakaan maut yang menewaskan Wakil Jaksa Agung Arminsyah di Kilometer 13 Tol Jagorawi.

Editor : Dani Dahwilani