Alasan Indonesia Genjot Produksi Kendaraan Listrik

Antara ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 10:41 WIB
Alasan Indonesia Genjot Produksi Kendaraan Listrik

Kembangkan kendaraan listrik, Indonesia memiliki banyak unsur pendukung, antara lain pasar yang besar dan ketersediaan bahan baku. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah telah menetapkan prioritas pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai. Ini karena Indonesia memiliki banyak unsur pendukung, antara lain pasar yang besar dan ketersediaan bahan baku.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Maritim dan Investasi, Ridwan Djamaluddin mengungkapkan pentingnya Indonesia mendorong pengembangan kendaraan listrik untuk menekan impor bahan bakar minyak (BBM), mengurangi polusi, serta memaksimalkan kapasitas terpasang listrik.

Selain itu, Indonesia juga punya kelebihan ketersediaan bahan baku baterai listrik. Pasar besar Indonesia untuk sektor otomotif pun diharapkan bisa dinikmati industri dalam negeri dengan pengembangan kendaraan listrik tersebut.

Ridwan menambahkan, komunikasi dengan para investor di bidang tersebut terus dibangun, di antaranya investor asal Korea Selatan, Jepang dan China. "Kita sudah bicara dengan beberapa industri dari Korea, Tiongkok (China), Jepang juga. Pemain besar itu kita sudah komunikasi," ujar Ridwan dalam jumpa pers virtual yang dilansir (16/6/2020).

Dia menyebutkan saat ini, pembangunan infrastruktur pendukung seperti tempat pengisian listrik terus dikembangkan.

"Beberapa perusahaan sudah mulai dan sudah pula berkonsorsium, seperti Pertamina dan PLN. Yang menarik, industri dalam negeri juga sudah memperlihatkan kapasitasnya. BPPT misalnya, sudah membangun stasiun pengisian listrik dan sudah dimanfaatkan," katanya.

Editor : Dani Dahwilani