Tata Motors Pangkas 1.100 Pekerja Jaguar Land Rover

Dani M Dahwilani ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 07:36 WIB
Tata Motors Pangkas 1.100 Pekerja Jaguar Land Rover

Terdampak Cobid-19, Tata Motors akan memangkas sekitar 1.100 pekerja Jaguar Land Rover (JLR). (Foto: AFP)

BENGALURU, iNews.id - Tata Motors Ltd akan memangkas sekitar 1.100 pekerja Jaguar Land Rover (JLR). Langkah ini sebagai upaya perusahaan meningkatkan efisiensi biaya di unit mobil mewahnya, sebesar 1 miliar pound (1,26 miliar dolar AS) untuk mengatasi gangguan yang disebabkan wabah Covid-19.

Dilansir dari Reuters, Selasa (16/6/2020), Tata Motors memperkirakan akan menghemat 5 miliar pound pada Maret 2021 di unit Jaguar Land Rover (JLR). Ini akan menambahkan 3,5 miliar pound dari penghematan yang sudah tercapai.

Kebijakan ini akan mengurangi belanja modal JLR menjadi 2,5 miliar pound untuk tahun fiskal saat ini, dari lebih 3 miliar pound yang telah dihabiskan setiap tahun pada tahun-tahun sebelumnya.

"Menghemat uang kas dan memprioritaskan belanja modal, serta menargetkan pengeluaran investasi untuk area yang tepat adalah fokus kami," ujar Chief Financial Officer Tata Motors, PB Balaji

Tata Motors sedang meninjau semua lini usaha mempertimbangkan untuk keluar dari bisnis yang tidak menambah nilai strategis. Ini sebagai bagian dari upaya yang lebih luas menghemat 60 miliar rupee (789 juta dolar AS) dalam bisnis domestik pada tahun fiskal hingga 2021.

Tata mencatat kerugian bersih kuartal keempat sebesar 98,94 miliar rupee, karena lockdown Covid-19 di seluruh pasar. Kondisi tersebut merusak penjualan perusahaan, termasuk di JLR. Sementara JLR, yang menyumbang sebagian besar pendapatan Tata Motors, melaporkan kerugian sebelum pajak sebesar 501 juta pound.

Editor : Dani Dahwilani