Avanza dan Xenia Terbaru Meluncur, Ini Langkah Mitsubishi Xpander
 
                 
                JAKARTA, iNews.id - Pasar kendaraan di segmen low Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin ketat dengan kehadiran Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru. Menanggapi kehadiran kedua kompetitor tersebut, Mitsubishi memiliki langkah strategis untuk mobil andalannya, Xpander.
Apakah Mitsubishi akan memberikan potongan harga (diskon) dengan lahirnya Avanza dan Daihatsu? Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengemukakan, MMKSI melihat diskon sebagai jalan pintas. Menurutnya, potongan bukan jalan yang baik bagi konusmen yang sudah memiliki Xpander sebelumnya. 
"Bagi semua konsumen yang nantinya membeli diskon bukanlah hal baik. Karena resale valuenya akan jatuh kalau kita sudah mulai potongan harga. Jadi itu akan menyebabkan harga nanti akan lebih mahal buat konsumen," ujarnya, dalam sesi tanya-jawab dengan jurnalis otomotif. 
Dia menjelaskan misi penting buat Mitsubishi adalah menjadi brand yang dapat diandalkan untuk masyarakat Indonesia. Untuk mencapai misi itu perusahaan tidak memberikan program diskon akhir tahun. 
"Seperti yang kita tahu beberapa brand lainnya sudah memberikan diskon akhir tahun sampai Rp30-40 juta, itu tidak kami tiru. Karena akan memberikan dampak yang buruk bagi kami, 
itu alasannya," kata Nakamura. 
Dia pun mengucapkan selamat kepada Toyota dan Daihatsu atas kelahiran low MPV terbarunya. Nakamura memandang setelah kehadiran Xpander, segmen small MPV menjadi semakin besar di Indonesia. 
"Dengan launching minor change Avanza dan Xenia diharapkan segmen small MPV akan meningkat. Ini akan dapat menguntungkan dari sisi volume dan penjualan. Buat Mitsubishi ini juga akan sangat menguntungkan," ujarnya. 
Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro mengakui kehadiran Avanza dan Xenia facelift akan meningkatkan kompetisi. Sebelumnya, Suzuki menghadirkan All New Ertiga.
"Jika kita bicara Xpander, Xpander ini pemain baru yang masuk segmen dengan konsep dan keunggulan berbeda. Ini juga mengubah peta persaingan di small MPV. Jadi itu sesuatu yang pasti semua merek dan produsen akan terus mendevelop produknya untuk menjadi yang terbaik bagi komsumen. Buat konsumen ini juga bagus karena mendapatkan produk yang baik dan punya pilihan lebih luas," katanya.
 
Poin kedua, lanjut Irwan, persaingan akan semakin ketat sementara market size akan membesar. Itu menjadi keuntungan bagi Mitsubishi Xpander. "Kami sangat yakin Xpander masih dan tetap memiliki peminat yang cukup banyak," ujarnya. 
Dia menilai Xpander mempunyai konsep yang sangat berbeda. Sesuai tagline, Next Generation MPV, Xpander unggul dari sisi desain, unik dan berbeda. Xpander juga hadir sesuai dengan harapan konsumen Indonesia, MPV yang memiliki kabin luas, senyap, nyaman dan memiliki performa baik, serta fitur lengkap.
Editor: Dani M Dahwilani