Toyota Kuasai Market Share 33 Persen di NTB, Avanza Mendominasi
LOMBOK, iNews id – Toyota membuktikan dominasinya di pasar otomotif Nusa Tenggara Barat (NTB). Memasuki periode year-to-month (YTM) Oktober 2025, mereka menguasai market share sebesar 33,2 persen, menjadikannya merek dengan penjualan terbesar di provinsi ini.
Capaian tersebut tak lepas dari peran strategis Krida Toyota, dealer resmi yang telah mengakar kuat di NTB sejak 1973. Selama lebih dari lima dekade, Krida Toyota tumbuh menjadi ekosistem terpadu yang menghubungkan mobilitas, lingkungan, dan gaya hidup modern masyarakat NTB.
Kusnadi, owner dan diirektur Krida Toyota NTB mengatakan jaringan layanan Krida Toyota menjadi salah satu yang paling lengkap di NTB. Melalui Toyota Service and Parts (SP), layanan after-sales tersedia di Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, hingga Bima. Fasilitas dealer turut mendukung kebutuhan mobilitas modern, mulai dari charging spot untuk kendaraan elektrifikasi, ruang tunggu nyaman, hingga GR Zone yang memamerkan lini Toyota GAZOO Racing.
"Tidak berhenti di situ, Krida Toyota juga menghadirkan Krida Space, area lifestyle dengan sajian kopi Expat Roasters yang menjadikannya destinasi hangout dan co-working favorit masyarakat lokal. Konsep ini membuat dealer bertransformasi menjadi ruang publik yang menyenangkan, bukan sekadar tempat membeli mobil," ujarnya, dalam rangkaian acara Toyota Media Eco Journey & GR Track Day 2025, Senin (1/12/2025).
Dukungan Krida Toyota terhadap motorsport nasional juga berjalan kuat melalui kolaborasi intens dengan Sirkuit Internasional Mandalika. Event seperti Krida Agya Track Showdown, Agya Arrive and Drive, hingga Krida Fun Track Day memberi pelanggan kesempatan langka menjajal kendaraan langsung di sirkuit internasional tersebut. Pengalaman eksklusif ini memperkuat loyalitas dan kedekatan komunitas otomotif NTB dengan Toyota.
Dari sisi penjualan, Toyota Avanza menjadi tulang punggung dengan kontribusi 22 persen, disusul Rush 11 persen, Agya 10,3 persen, Hilux 4x4 dan Kijang Innova masing-masing 9,7 persen. Sementara di segmen elektrifikasi, Innova Zenix HEV mencatat pertumbuhan penjualan 12 persen sepanjang 2025.