Berkendara di Belakang Truk Jangan Asal Nyalip, Pahami Arti Kode Sein Ini

Dani M Dahwilani ยท Rabu, 16 November 2022 - 06:41:00 WIB
Berkendara di Belakang Truk Jangan Asal Nyalip, Pahami Arti Kode Sein Ini
Sopir truk yang sudah berpengalaman biasanya akan memberikan kode sein bagi kendaraan yang ada di belakangnya. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Berkendara di belakang kendaraan besar seperti truk atau bus membuat pengemudi terkadang tidak sabar. Bagi yang masih belajar kondisi ini akan membuat kikuk karena sulit menyalip.

Bodi truk yang besar membuat pandangan pengendara di belakang terhalang. Apalagi saat berada di jalan sempit dan menanjak truk atau bus yang bermuatan banyak akan berjalan lebih pelan, membuat pengendara tidak sabar.

Tak jarang, karena tidak sabar pengendara menyalip dengan sebrono hingga menyerempet atau menabrak kendaraan lain dari arah berlawanan. Jika sudah demikian hanya tinggal penyesalan.

Sebab itu, sebelum menyalip perhatikan kode sein yang diberikan sopir truk atau bus. Sopir yang sudah berpengalaman biasanya akan memberikan kode sein bagi kendaraan yang ada di belakangnya.

Jika Anda mengerti kode sein yang diberikan sopir truk, ini merupakan bentuk perhatian mereka kepada kendaraan yang ada di belakang. Artinya Anda aman di belakang mereka. 

Bagaimana memahami kode sein yang diberikan para sopir truk?

Jika sein kanan menyala artinya ada kendaraan dari arah berlawanan. Jadi Anda jangan coba-coba menyalip.

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda