Bersaing di Segmen SUV, Suzuki Boyong XL7 di Jakarta Auto Week 2022

JAKARTA, iNews.id - Pasar mobil sport utility vehicle (SUV) di Indonesia terus tumbuh. Komposisi penjualan SUV di pasar mobil nasional secara akumulatif sebesar 26 persen mengalahkan MPV yang selama ini di posisi teratas sebesar 25 persen.
Ini menjadi alasan pabrikan mobil berlomba menghadirkan model SUV. Persaingan di segmen ini pun terasa dalam pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022, pada 12-20 Maret 2022.
Di pasar SUV, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) XL7. Mobil berkapasitas tujuh penumpang ini menjadi backbound Suzuki.
Salah satu fitur andalan pada mobil tersebut adalah Smart E-Mirror. Fitur ini memiliki fungsi sebagai spion tengah (kaca mirror) dan kamera yang dapat memantau segala aktivitas di perjalanan.
Smart E-Mirror terhubung dengan kamera belakang dan kamera depan. Ini membuat pengendara dapat melihat situasi di belakang mobil hanya melihat spion tengah digital.
Selain itu, pengendara juga bisa memantau situasi di depan mobil sehingga bisa mengatasi blind spot alias area titik buta. Ini sangat berguna untuk mengetahui jika ada benda atau anak kecil di depan kendaraan yang tak terlihat.
Fitur tersebut bisa merekam apapun yang terjadi selama perjalanan sehingga fungsinya seperti blackbox (kotak hitam) di pesawat. Saat ini, fungsi kamera dashcam pada Smart E-Mirror bisa menjadi alat bukti jika terjadi peristiwa di perjalanan, seperti tabrakan atau insiden lainnya. Bahkan, di beberapa negara, fitur ini diwajibkan dan bisa menjadi bukti klaim asuransi.