Bertahan dari Covid-19, Penjualan Mobil Suzuki Ditopang Produk Lokal

Dani M Dahwilani · Kamis, 14 Januari 2021 - 10:37:00 WIB
Bertahan dari Covid-19, Penjualan Mobil Suzuki Ditopang Produk Lokal
Kontribusi mobil produksi dalam negeri lebih dari 90 persen terhadap total penjualan Suzuki selama 2020. (Foto: Suzuki)

JAKARTA, iNews.id – Di saat pasar kendaraan roda empat turun sekitar 50 persen pada 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dapat bertahan cukup baik pada 2020. Raihan wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen dibandingkan dengan performa pada 2019. 

Kendaraan produksi dalam negeri yang dibuat di Cikarang dan Tambun, Bekasi, menjadi penopang penjualan Suzuki. Kontribusi mobil produk lokal lebih dari 90 persen terhadap total penjualan Suzuki selama 2020. 

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta adaptasi operasional dealer selama pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment," ujar 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra dalam ketarangan persnya yang dilansir Kamis (14/1/2020).

"Kontribusi produk lokal Suzuki pada 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” katanya.  

Kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen, sementara retail sales berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki. 

Editor : Dani Dahwilani

Halaman : 1 2