Bidik Rally Dakar, Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Ini Diuji 15.000 Km

Riyandy Aristyo ยท Senin, 12 November 2018 - 13:25 WIB
Bidik Rally Dakar, Mobil Listrik Karya Anak Bangsa Ini Diuji 15.000 Km

Sebelum ikut berkompetisi di ajang Rally Dakar, mobil listrik karya anak bangsa BLITS akan menjelajah Nusantara sejauh 15.000 kilometer. (Foto: BLITS)

JAKARTA, iNews.id - Setelah dikenalkan di PLN Jakarta Raya, pekan lalu, mobil listrik buatan anak bangsa, BLITS (singkatan Budi Luhur - ITS, red) kembali dipamerkan. Mobil masa depan ini diharapkan dapat berkompetisi dalam ajang Rally Dakar Argentina.

Salah satu penggagas mobil listrik BLITS sekaligus Ketua Yayasan Pendidikan Budi Luhur, Kasih Hanggoro mengatakan, proyek mobil listrik ini merupakan inovasi anak bangsa yang sanggup dikenalkan kepada dunia.

"Target kita adalah Rally Dakar yang menjadi rally paling ganas di dunia. Harapannya, BLITS bisa mengikuti ajang tersebut dengan modal kecanggihan dan ketahanan mumpuni," ujar Hanggoro di Kampus Universitas Budiluhur, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018).

Namun sebelum hal tersebut terjadi, mobil listrik ini akan diuji menjelajah Nusantara sejauh 15.000 kilometer dimulai dari ITS Surabaya, Universitas Budi Luhur Jakarta, Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Papua hingga kembali ke Surabaya.

"Karya inovasi kreatif ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia untuk daya saing bangsa," kata Rektor Universitas Budi Luhur, Didik Sulistyanto.

Sekadar informasi, mobil listrik BLITS dibekali Battery Pack berjumlah 2.800 unit berkapasitas maksimal 100kWh. Selain BLITS, mobil listrik lain yang ikut jelajah Nusantara adalah Kasuari.


Editor : Dani Dahwilani