BMW Jamin Tak Ada Karyawan di Indonesia Kena PHK akibat Covid-19

Riyandy Aristyo · Selasa, 23 Juni 2020 - 06:17 WIB
BMW Jamin Tak Ada Karyawan di Indonesia Kena PHK akibat Covid-19

BMW tidak akan mem-PHK karyawan di Indonesia, yakin bisa bertahan di tengah krisis akibat pandemi Covid-19. (Foto AFP)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah produsen mobil memangkas karyawan alias PHK. Ini dilakukan untuk menekan pengeluaran perusahaan.

Namun, Director of Communication BMW Group Indonesia, Jodie O'tania menyatakan, pihaknya tidak akan mem-PHK karyawan. Dia yakin bisa bertahan di tengah krisis akibat pandemi Covid-19.

"Isu PHK itu terjadi di sejumlah pabrik di Jerman. Tapi, bisa dipastikan BMW Group Indonesia kita pada saat ini tidak melakukan itu (PHK)," ujar Jodie dalam konferensi video, belum lama ini.

Menurut Jodie, masa pandemi Covid-19 menjadi momen menyulitkan untuk semua bisnis. Tak hanya bisnis otomotif, tapi juga hampir semua perusahaan terpengaruh pandemi.

"Dari BMW Group Indonesia kita sudah melakukan banyak strategi, dari global juga sudah menyiapkan strategi bagaimana BMW tetap bisa keluar sebagai pemenang di masa pandemi ini. Kami juga sudah memiliki bekal dan strategi bagaimana caranya menghadapi keadaan yang paling buruk sekalipun," ujar Jodie.

Sebagai informasi, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di perusahaan otomotif asal Jerman ini muncul menyerua. Bahkan, BMW tidak memperpanjang 10.000 pekerja kontraknya lantaran tak ada anggaran untuk menggaji mereka. Atas keputusan ini BMW mengklaim sudah mendapatkan kesepakatan dengan pihak dewan pekerja.

Editor : Dani Dahwilani