Brand Mobil China Farizon Bakal Masuk Indonesia Gandeng Arista Group
JAKARTA, iNews.id - Indonesia kembali bakal kedatangan brand mobil asal China, Farizon. Ini setelah Arista Group, melalui anak usaha PT Arista Auto Elektrindo mengumumkan kolaborasi global dengan Zhejiang Farizon New Energy Commercial Vehicle Group (Farizon Auto).
Kerja sama Arista dengan anak perusahaan otomotif Geely Holding Group tersebut diresmikan melalui Distributor Agreement. Di mana Arista akan bertanggung jawab penuh atas distribusi dan penjualan kendaraan Farizon di pasar Indonesia.
Chairman of Arista Group, Hartono Sohor mengatakan, kolaborasi ini bertujuan menghadirkan solusi mobilitas komersial inovatif mengedepankan kendaraan listrik dan energi bersih yang efisien dan modern untuk mendukung transformasi sektor logistik dan transportasi di Indonesia.
“Arista Group dengan bangga mengumumkan kemitraan strategis dengan Farizon Auto. Dengan pengalaman kami lebih dari 20 tahun di industri otomotif Indonesia dan jaringan distribusi yang kuat, kami siap menghadirkan kendaraan niaga modern yang efisien, andal, dan ramah lingkungan untuk mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia” ujar Chairman of Arista Group, Hartono Sohor dalam keterangan persnya, Selasa (9/9/2025).
Dikatahui, Farizon Auto merupakan salah satu produsen kendaraan niaga terbesar di Tiongkok dan merek kendaraan niaga pertama yang menawarkan rangkaian lengkap produk energi baru, termasuk truk berat, truk ringan, truk mikro, kendaraan niaga ringan (LCV), dan bus.
Farizon hadir untuk mendukung kebutuhan logistik dan transportasi modern sejalan dengan tren global dan regulasi pemerintah Indonesia yang mendorong adopsi kendaraan listrik.
“Indonesia memiliki potensi sangat besar untuk kendaraan niaga, baik konvensional maupun berbasis ramah lingkungan. Kami sangat antusias bekerja sama dengan Arista Group yang memiliki pengalaman dan jaringan distribusi kuat. Kami yakin kemitraan ini akan membawa manfaat nyata bagi pelanggan dan mempercepat adopsi kendaraan niaga ramah lingkungan di Indonesia” ujar CEO of Farizon Auto International Company, Xue Tao.
Kerja sama ini menjadi langkah awal mereka dalam memperkenalkan produk Farizon kepada pelanggan di Indonesia, dengan potensi pengembangan perakitan lokal (local assembly) di masa mendatang. Kedua perusahaan akan bekerja sama dalam memperluas jaringan pemasaran dan layanan purna jual, serta mempercepat penetrasi pasar kendaraan niaga berbasis energi bersih.
Editor: Dani M Dahwilani