Bukan Subsidi, Pemerintah Malaysia Pilih Cara Ini untuk Tingkatkan Pengguna Mobil Listrik
“Dan menurut formula yang diperkenalkan kementerian pada 2011, pajak jalan untuk EV jauh lebih tinggi daripada ICE (internal combustion engine) atau mobil biasa. Kementerian akan meninjau itu dan membuatnya lebih rendah dan lebih kompetitif sehingga orang tidak ragu untuk membeli kendaraan listrik,” ujarnya.
Pembebasan pajak kendaraan listrik saat ini diperkenalkan di bawah pemerintahan sebelumnya pada 2022, dan akan berlangsung hingga Desember 2025. Loke mengatakan proposal untuk melanjutkan hal kebijakan tersebut telah dikirimkan.
Loke menyampaikan pajak jalan yang tinggi untuk EV adalah salah satu alasan masyarakat Malaysia untuk beralih. Saat ini, hanya ada sekitar 10.000 mobil listrik di jalanan Malaysia, termasuk merek yang lebih besar.
“Karena mengendarai mobil listrik telah menjadi tren global, kami perlu mempersiapkan diri untuk ini. Jadi, usulan kementerian pada dasarnya untuk mendukung industri kendaraan listrik,” ucapnya.
Loke mengatakan kementerian akan membuat struktur pajak jalan baru untuk kendaraan listrik dan pajak jalan raya akan didasarkan pada watt kendaraan. Ini diperlukan karena calon pembeli perlu mengetahui berapa besar pajak jalan raya yang harus dibayarkan.