Bukan Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche Lahir 100 Tahun Lalu

Riyandy Aristyo ยท Rabu, 11 September 2019 - 16:30 WIB
Bukan Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche Lahir 100 Tahun Lalu

Mobil listrik pertama Porsche lahir 100 tahun lalu, dibangun sang pendiri perusahaan Ferdinand Porsche. (Foto: Top Speed)

STUTTGART, iNews.id - Baru-baru ini, Porsche memperkenalkan mobil listrik tercepatnya bernama Taycan. Mobil itu diklaim Porsche sebagai mobil listrik produksi massal pertama.

Dilansir dari Topspeed, Rabu (11/9/2019), Taycan ternyata bukan benar-benar yang pertama. Mobil listrik pertama Porsche hadir sejak 100 tahun lalu.

Sang pendiri perusahaan, Ferdinand Porsche ternyata pernah membuat sebuah mobil listrik saat berusia 23 tahun. Mobil listrik tersebut dinamai P1.

Seperti kebanyakan mobil di masanya, P1 menggunakan bahan baku kayu sebagai bodi. Penggeraknya menggunakan motor listrik bertenaga baterai.

Baterainya mampu menempuh perjalanan sekitar 79 km dalam waktu 4-5 jam, tergantung kondisi jalan.

Motor listrik tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 3 hp dan kadang mencapai 5 hp. Tidak istimewa, tapi ini cukup membuat P1 melaju dengan kecepatan maksimum 35,4 km/jam.

Tenaganya disalurkan ke roda melalui transmisi rumit 12-percepatan. Secara rinci, 6-percepatan digunakan saat maju, dua untuk mundur, dan empat sisanya sebagai rem.

Menariknya, Ferdinand Porsche pernah mengendarai P1 di ajang balap jalanan di Jerman pada 1899. Bahkan, dia sempat memenangi gelaran tersebut dengan keunggulan waktu 18 menit dari posisi kedua.

Kini, P1 terpajang rapi di Museum Porsche Stuttgart, Jerman. Mobil buatan 1902 ini sempat hilang dan kembali ditemukan setelah 112 tahun di dalam sebuah gudang di Austria.


Editor : Dani Dahwilani