Deretan Bus dengan Fitur Tercanggih di Dunia, Ada yang Punya Helipad

Rilo Pambudi · Rabu, 09 Maret 2022 - 09:01:00 WIB
Deretan Bus dengan Fitur Tercanggih di Dunia, Ada yang Punya Helipad
Selain memiliki desain yang mewah dengan berbagai fasilitas, bus-bus tersebut dilengkapi fitur canggih. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Di dunia terdapat beberapa bus dengan fitur tercanggih. Kebetulan, bus-bus tersebut juga termasuk bus berpredikat termewah sekaligus termahal. 

Di luar,  tampak seperti transportasi umum biasa. Namun, bus ini dirancang secara khusus sehingga memiliki fitur-fitur khusus di dalamnya. 

Selain memiliki desain yang mewah dengan berbagai fasilitas, bus-bus tersebut juga tergolong canggih. Penasaran apa saja bus dengan fitur tercanggih di dunia? Berikut ini adalah daftarnya. 

1. Foretravel IH-45 Luxury Motor Coach 2015 

Seperti namanya, bus tercanggih ini diproduksi oleh perusahaan pembuat bus ternama asal Texas, yakni Foretravel pada tahun 2015.  

Fitur canggih yang dimilikinya antara lain adalah mesin cuci otomatis, mesin cuci piring, lemari es, tv layar lebar gantung, hingga kamar yang menggunakan pintu slide otomatis. 

Selain itu ada juga pendingin dan pemanas ruangan serta masih banyak lagi fitur tambahan yang lain. Bus mewah ini dilengkapi dengan generator listrik 20.000 watt guna menunjang semua fiturnya. 

Diketahui bahwa mobil bus canggih ini juga menggunakan lantai baja. Di bagian mesin, menggunakan diesel ISX15 600 HP dan transmisi Allison 4000 MHR. Bus ini dibanderol dengan harga Rp 17,5 miliar. 

2. Prevost H3-45 VIP 

Anak perusahaan Volvo, Provost Car memproduksi bus yang sangat mewah bertipe H3-45 VIP. Bus ini memiliki ukuran sekitar 3,8 meter.  

Fitur-fiturnya antara lain adalah pintu yang terbuka vertikal, lantai dari ubin mewah, serta alat pencegah cuaca khusus yang dapat menahan intrusi dari air, debu, dan salju. Ini adalah bus yang juga dipakai oleh Barack Obama 

Kekuatan struktur lantai dan dinding bus ini dapat menahan konveksi berat. Bus ini juga dilengkapi dengan fitur keamanan berupa kamera pemantau hingga internet akses yang cepat. Untuk bus sekelas ini, sistem entertainment yang ada di dalamnya termasuk audio video tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Harga bus ini tembus mencapai Rp22 miliar. 

Editor : Dani M Dahwilani

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: