Bus Sumber Kencono Dijuluki Sebagai Bus Hantu, Ini Alasannya

Inas Rifqia Lainufar ยท Rabu, 17 Agustus 2022 - 22:44:00 WIB
Bus Sumber Kencono Dijuluki Sebagai Bus Hantu, Ini Alasannya
Alasan bus Sumber Kencono dijuluki sebagai bus hantu (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Apa alasan bus Sumber Kencono dijuluki sebagai bus hantu? Apakah ada hubungannya dengan hal-hal mistis?

Sebagai pengguna transportasi umum di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, nama bus Sumber Kencono tentu sudah tidak asing lagi. Bahkan sebagian besar mungkin telah merasakan pengalaman menggunakan moda transportasi tersebut.

Lantas, apa penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini.

Alasan bus Sumber Kencono dijuluki sebagai bus hantu

Bus Sumber Kencono telah beroperasi sejak tahun 1981 dengan rute Surabaya-Yogyakarta. Kantor pusat dan garasi bus ini terletak di Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.  Bus tersebut masih tetap beroperasi hingga saat ini dan masih melayani penumpang.

Setelah ditelisik, stigma negatif tersebut bermula ketika bus Sumber Kencono menjadi pilihan banyak penumpang di saat bus kompetitornya pernah mengalami kecelakaan tragis. 

Kecelakaan lalu lintas yang dialami bus tersebut terjadi ketika membawa penumpang yang merupakan siswa SMP dari Jombang dan menyebabkan sebagian besar siswa meninggal dunia.

Merasa bus kompetitor tidak aman untuk ditumpangi, para penumpang pun beralih ke bus Sumber Kencono. Mereka merasa Sumber Kencono lebih aman. 

Dampaknya, penumpang Sumber Kencono terus meningkat. Akibat permintaan yang cukup tingi itulah, sopir bus berusaha mengejar target membawa bus dengan kecepatan tinggi. 

Dengan harapan,penumpang lebih cepat sampai tujuan dan bisa kembali mengangkut penumpang lagi. Pilihan tersebut membawa konsekuensi sisi keamanan berkendara di jalan dan menyebabkan kecelakaan.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda