7 Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah untuk Pemula

Bertold Ananda ยท Sabtu, 09 Oktober 2021 - 11:37:00 WIB
7 Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Mudah untuk Pemula
Cara mengendarai mobil matic dengan mudah untuk pemula (Foto: Top Gear Philippines)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak cara mengendarai mobil matic dengan mudah untuk pemula. Jika mengetahui dasarnya, Anda bisa dengan cepat memahami mobil matic.

Mengendarai mobil bertansmisi matic merupakan hal yang sangat praktis dan nyaman untuk saat ini. Terlebih bagi Anda yang masih pemula dan tinggal di perkotaan padat dan macet.

Tentu saja ini sangat memudahkan Anda dalam berkendara karena hanya menekan gas dan rem saja. Tidak perlu memindahkan gigi dengan menginjak dan mengatur pedal kopling.

Namun, masih saja banyak ditemui berbagai kesalahan fatal yang mengakibatkan kecelakaan karena salah menginjak pedal pada mobil bertransmisi matic. Maka dari itu meskipun mudah, perlu ada edukasi dan pembelajaran khusus cara mengendarai mobil matic dengan mudah dan praktis untuk pemula.

Seperti apa caranya? Berikut ulasan mengenai cara mengendarai mobil matic dengan mudah bagi pemula. Dirangkum iNews.id pada Sabtu (9/10/2021).

1. Pastikan tuas selalu ada di posisi P sebelum memulai

Sebelum memulai menggunakan mobil baiknya perhatikan tuas transmisi terlebih dahulu. Pastikan tuas transmisi selalu berada di posisi P sebelum menyalakan kendaraan. Hal ini tentunya diterapkan untuk meningkatkan keamanan. Meskipun mobil sudah dibekali dengan fitur keamanan seperti hanya bisa menyala dan dihidupkan apabila tuas berada dalam posisi P dan N.

2. Jangan menyalakan mesin langsung sebelum tunggu Indikator nyala dan aktif

Pada beberapa jenis mobil bertransmisi matic dibekali dengan indikator dalam panel instrumennya. Pastikan indikator tersebut nyala yang menandakan fungsi tersebut aman dan bekerja dengan baik. Biasanya dengan dibarengi dengan suara jika indikator tersebut nyala dan berfungsi. Dengan begitu Anda pun dapat langsung menghidupkan mobil tanpa perlu ada sistem yang malfungsi.

3. Menyalakan mesin mobil dengan menginjak pedal rem

Kebanyakan jenis mobil matic yang ditemui dalam menyalakan mesin harus dengan  menginjak pedal rem terlebih dahulu. Namun ada juga mobil yang tidak memerlukan mekanisme menginjak pedal rem dalam menyalakan mesin. Jadi kenali karakteristik mobil Anda.

Editor : Vien Dimyati

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: