Chery Siap Produksi 18 Mobil Listrik dan 5 Hybrid, Apa Akan Diboyong ke Indonesia?

Dani M Dahwilani ยท Senin, 19 September 2022 - 15:06:00 WIB
Chery Siap Produksi 18 Mobil Listrik dan 5 Hybrid, Apa Akan Diboyong ke Indonesia?
Chery menyiapkan 23 model kendaraan baru terdiri atas 18 mobil bertenaga listrik murni dan lima model bermesin hybrid (plug-in hybrid). (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNews.id - Pabrikan otomotif China, Chery menyiapkan 23 model kendaraan baru terdiri atas 18 mobil bertenaga listrik murni dan lima model bermesin hybrid (plug-in hybrid). Mobii-mobil tersebut akan dibangun dalam tiga platform.

Ketiga platform tersebut adalah High Performance Intelegent Pure Electric (E0X), Light Commercial Vehicle Pure Electric (COX) dan High Performance Platform Hybrid (T2X). Di China, Chery Group menaungi tiga brand, yaitu Jaguar Land Rover, Exeed dan Chery.

Apakah salah satunya akan diboyong ke Indonesia?  ”Rencananya pada 2028 kami akan banyak menghadirkan banyak Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) hingga Elecric Vehicle (EV). Di Indonesia Jepang sangat kuat, Sebab itu, bagaimana caranya Chery bisa berbeda,. Salah satunya dengan produk-produk kendaraan listrik," ujar Executive Vice President of Chery International, Charlie Zhang dalam wawancara virtual, baru-baru ini. 

Dia menyebutkan sesuai dengan strategi global perushaaan kendaraan listrik akan menjadi sangat penting bagi eksistensi Chery di Indonesia, khususnya untuk pasar masa depan. Bahkan di IIMS 2022 mereka sempat memperkenalkan city car listrik. Mereka percaya diri bisa diterima konsumen Indonesia, terlebih di negara asalnya Chery menempati peringkat pertama dalam ekspor mengalahkan brand otomotif China lainnya.

Di sisi lain, Chery telah berkomitmen berinvestasi sebesar 1 juta dolar AS untuk mengembangkan bisnis dan membangun pabrik di Indonesia. Pabrik yang akan dibangun memiliki kapasitas 200.000 unit setahun yang dibagi dalam empat fase. 

"Fase pertama dimulai tahun ini dengan menggaet mitra lokal memproduksi sebanyak 20.000 unit per-tahun. Fase kedua dimulai 2024 hingga 2026, pabrik diharapkan sudah dapat memulai aktivitas produksi dengan target kapasitas produksi 50.000 unit per tahun,” ujar Marketing and Product Director Chery Motor Indonesia, Major Qin. 

Pada tahap awal, Chery akan meluncurkan dua model kendaraan di Indonesia, yakni Tiggo 7 Pro dan Tiggo 8 Pro. Kedua mobil sport utility vehicle (SUV) ini telah diperkenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. 

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda