Corolla Cross Hybrid Dapat Racikan Gazoo Racing, Toyota Tambah Line Up GR Sport di IIMS 2023

JAKARTA, iNews.id - Toyota menambah jajaran model sport Gazoo Racing (GR) di Indonesia. Ini setelah mereka merilis New Corolla Cross Hybrid GR Sport dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.
Menggendong mesin elektrifikasi Hybrid EV (HEV), menjadikan Corolla Cross sebagai model GR pertama dengan teknologi elektrifikasi. Seperti apa spesifikasinya?
Sebelumnya, pilihan Toyota Corolla Cross adalah Corolla Cross Hybrid EV (1.8 HEV) sebagai model yang telah lebih dahulu ada. Kini, ditambah line-up Gazoo Racing, Corolla Cross Hybrid EV GR Sport (1.8 HEV GR Sport) sebagai model baru.
“New Corolla Cross GR Sport merupakan kendaraan yang lebih fun to drive, tapi sejalan dengan era elektrifikasi yang rendah emisi. Selain itu, model baru ini juga dikembangkan berdasarkan kebutuhan dan feedback konsumen terhadap performance SUV dengan peningkatan handling dan safety sebagai signature product GR Sport. Ini mungkin baru yang pertama, tapi ke depan kami berencana memperluas kombinasi ini ke berbagai model dan segmen,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto dalam keterangannya di IIMS 2023.
Apa perbedaannya non GR? Terungkap platform (TNGA), dimensi mobil, power dapur pacu, serta desain luar dan keduanya sama. Bedanya, Corolla Cross GR Sport membawa sentuhan brand GR dengan style lebih sporty, dilengkapi teknologi safety advance, serta diperkuat SUV dengan fungsionalitas tinggi.
GR Performance Upgrade diaplikasikan dengan memasang GR-S Suspension, terdiri atas GR-S MacPherson Strut di depan dan GR-S Torsion Beam di belakang. Rombakan mendasar pada sistem suspensi ini membuatnya lebih rigid dan minim body roll untuk menjaga manuver lebih mumpuni.
GR-S Tunnel Brace dikombinasikan dengan Electronic Power Streering (EPS) yang lebih besar, membantu meningkatkan kekakuan sasis SUV serta memberikan respons setir yang lebih direct dan handling yang lebih stabil sesuai arah pengemudi.
Untuk jantung pacu, Sporty Hybrid EV menggendong hybrid engine 2ZR-FXE 1.798 cc 4-silinder DOHC VVT-i bertenaga 98 PS pada 5.200 rpm dan torsi 14,5 Kgm pada 3.600 rpm. Motor listriknya mampu menghasilkan daya 72 PS dan torsi 16,6 Kgm. Kombinasi tenaga keduanya disalurkan ke roda depan lewat transmisi CVT.
Tersedia tiga pilihan driving mode, terdiri atas mode EV (Electric Vehicle) untuk berkendara halus tanpa bensin dan zero emission, Eco untuk mengemudi hemat bensin, dan Sport untuk memaksimalkan performa.