Corona Meluas, Toyota dan Daihatsu Evaluasi Peluncuran Mobil Baru di Indonesia

Riyandy Aristyo ยท Kamis, 09 April 2020 - 08:33 WIB
Corona Meluas, Toyota dan Daihatsu Evaluasi Peluncuran Mobil Baru di Indonesia

Makin meluasnya wabah virus corona (Covid-19), membuat Toyota dan Daihatsu mengevaluasi peluncuran produk baru. (Foto: Dok/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) yang melanda wilayah Indonesia, membuat industri otomotif nasional terganggu. Toyota dan Daihatsu pun mulai mengevaluasi peluncuran produk baru.

Interactive Communication Department Head PT Toyota Astra Motor (TAM), Dimas Aska mengatakan, pihaknya harus berpikir ulang soal peluncuran produk baru yang bakal dirilis pada 2020. Ini setelah perusahaan merilis Toyota New Agya secara virtual di detik-detik terakhir akibat pandemi corona.

"Kita punya rencana meluncurkan tiga sampai empat mobil baru lagi. Tapi kami belum tahu, masih on schedule atau tidak, belum ada keputusan," ujar Dimas, saat bincang virtual bersama awak media, baru-baru ini.

Dimas menuturkan, produk yang akan diluncurkan terdiri atas model yang disegarkan dan juga model yang benar-benar baru. Namun, melihat kondisi darurat saat ini, waktunya belum tepat jika harus terpaksa diluncurkan.

"Kami sudah siapkan outline untuk pasar baru, tapi karena pasarnya sedang terganggu saat ini, kami belum tahu nantinya bakal seperti apa. Begitu juga dengan yang versi penyegaran," katanya.

Tak hanya TAM, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mempertimbangkan menunda peluncuran produk baru setelah New Ayla pekan lalu. Ini mengingat situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir.

"Kalau kemarin (peluncuran New Daihatsu Ayla) tidak bisa dibatalkan karena unitnya sudah dikirim ke outlet-outlet. Kalau melihat kondisi saat ini, kami rasa kurang tepat untuk meluncurkan produk baru," ujar Direktur Pemasaran PT ADM, Amelia Tjandra. 

Editor : Dani Dahwilani