Dalam 2 Tahun, BYD Percepat Akselerasi Kendaraan Listrik di Indonesia
Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, Eagle Zhao menegaskan misi BYD di Indonesia. “Sejak awal kehadiran BYD di Indonesia, komitmen kami jelas, yaitu berjalan bersama masyarakat, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan untuk mempercepat transisi menuju kendaraan ramah lingkungan. Melalui inovasi, edukasi, dan kolaborasi berkelanjutan, kami akan terus membuka akses terhadap mobilitas lebih aman, efisien, dan mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” ujarnya di GJAW 2025.
Konsistensi BYD dalam membaca preferensi konsumen Indonesia tercermin dari keputusan meluncurkan BYD M6 pada Juli 2024 sebagai MPV listrik resmi pertama yang dipasarkan di Indonesia. Segmen MPV yang mendominasi pasar otomotif, M6 menjadi solusi bagi keluarga Indonesia yang membutuhkan kendaraan berkapasitas besar, nyaman, namun tetap efisien.
Masuk pada 2025, BYD memperluas portofolionya melalui Sealion 7, SUV listrik premium dengan performa tinggi, desain modern, dan fitur keselamatan berbasis teknologi bantuan pengemudi canggih. Model ini memperkaya pilihan kendaraan listrik bagi masyarakat yang menginginkan EV berkarakter premium namun tetap efisien.
Hadirnya Sealion 7 melengkapi lineup BYD yang kini mencakup sedan, SUV, hingga MPV, menjadikan BYD sebagai salah satu produsen EV dengan portofolio paling lengkap di Indonesia.
BYD Atto 1 Lahir
Langkah strategis BYD berlanjut dengan kehadiran Atto 1, city car listrik yang dirancang untuk penggunaan harian masyarakat perkotaan. Meski kompak, ATTO 1 hadir dengan efisiensi energi tinggi, fitur keselamatan lengkap, dan desain interior ergonomis yang membuatnya mudah dikendalikan untuk mobilitas jarak dekat maupun menengah.
Antusiasme terhadap ATTO 1 terlihat bahkan sebelum model ini resmi diluncurkan ke pasar Indonesia.
“Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, respons terhadap Atto 1 menunjukkan antusiasme yang luar bias. Hal ini memberikan kepercayaan tersendiri bagi kami, bahwa BYD Atto 1 bukan sekadar produk baru, melainkan simbol terobosan mobilitas listrik perkotaan,” kata Head of Public and Government Relations PT BYD Motor Indonesia, Luther Panjaitan.
Menariknya, meskipun baru BYD telah memiliki komunitas mobil bernama Beyond. Komunitas ini menjadi ruang berbagi pengalaman, diskusi teknologi baterai, perawatan kendaraan listrik, hingga edukasi efisiensi energi.
Editor: Dani M Dahwilani