Dinilai Rumit, Penyakit pada Kaki-Kaki Mobil Sebenarnya Bisa Didiagnosa Lebih Cepat
"Cara Kerja Kyoto Shaking Machine sangat sederhana. Tahap pertama yaitu posisi mobil diangkat menggunakan car-lift atau hidraulik, kemudian teknisi akan memasangkan perangkat Kyoto Shaking Machine pada keempat ban mobil menggunakan dudukan khusus sebagai alas ban" katanya.
"Setelah itu, keempat titik kaki-kaki mobil akan diguncangkan untuk menentukan di mana titik permasalahan pada kaki-kaki mobil. Jika ada komponen yang bermasalah, akan terlihat dan terdengar secara langsung ketika kaki-kaki mobil diguncangkan dengan Kyoto Shaking Machine," ujar Ferry.
Beberpa permasalahan pada kaki-kaki mobil yang dapat dideteksi Shaking Machine, antara lain setir mobil bergetar, ban depan mobil tidak lurus, tapak ban miring sebelah, bunyi di bagian roda mobil, setir mobil tidak lurus, rem mobil kurang enak, limbung di kecepatan tinggi, per bermasalah, ban aus, spooring berubah.
Melalui alat ini, lanjut dia, pemilik kendaraan dapat melakukan perawatan rutin, menghindari kerusakan serius pada kaki-kaki mobil dan menghemat biaya perbaikan di bengkel. Paling penting memastikan keamanan kendaraan.
Diketahui, Rotary Auto menjadi bengkel mobil pertama di Indonesia yang menggunakan Shaking Machine untuk pengecekan dan diagnosa kaki-kaki mobil. Ferry berharap melalui teknologi ini pengguna mobil tidak ragu dan khawatir dalam merawat kendaraan.
Editor: Dani M Dahwilani