Elon Musk Naikkan Harga Mobil, Kendaraan Listrik Tesla Jadi Makin Mahal

Bertold Ananda · Senin, 10 Januari 2022 - 14:23:00 WIB
Elon Musk Naikkan Harga Mobil, Kendaraan Listrik Tesla Jadi Makin Mahal
Elon Musk mengumumkan mulai tanggal 17 Januari harga mobil Full Self-Driving Tesla (FSD) Tesla naik hingga  12.000 dolar AS. (foto: Electrek)

LOS ANGELES, iNews.id - Pabrikan kendaraan listrik (electric vehicle/EV) asal Amerika Serikat (AS), Tesla mengumumkan kenaikan harga pada mobil litsrik Self-Driving Autonomous. Ini setelah unit paket Full Self-Driving Tesla (FSD) merupakan opsi yang sangat populer dan laris di dunia. 

Dilansir dari Carscoops, Senin (10/01/2022), kenaikan harga mobil mulai dari 2.000 dolar AS (Rp28 juta) hingga 12.000 dolar AS atau sekitar Rp171 juta terantung model. Ini sontak membuat publik kaget melihat kenaikan harga yang signikan.

Kabar kenaikan ini disampaikan langsung Bos Tesla Elon Musk melalui cuitan di media sosial Twitter. "Mulai tanggal 17 Januari mobil FSD mengalami kenaikan harga hingga  12.000 dolar AS,” tulis Elon Musk.

Elon Musk menyebutkan kenaikan tersebut hanya akan berlaku di pasar AS. Ini dilakukan Elon Musk sebagai peningkatan unit FSD buatannya lebih sporty, modern dan kaya dengan fitur baru. Terlebih, mobil ini dilengkapi fitur otomatis, mobil dapat berjalan sendiri tanpa gerakan tangan manusia alias Self Driving Otonom.

Elon Musk mengklaim fitur otonom yang terbaru berada di level tinggi. Mekanismenya level 0 adalah mobiltanpa bantuan dengan alat bantu pengemudi dasar, seperti ABS dan kontrol traksi. Sementara ketika dipindahkan model tingkatan otonom level  5 maka mobil sepenuhnya otonom tanpa perlu pengemudi, pedal, atau roda kemudi. 

Kendati demikian, dari segi keselamatan berkendara, Tesla telah memberi tahu lembaga pemerintah unit FSD hanya diperbolehkan berada pada pengaturan mode otonomi Level 2. Sementara itu, perusahaan lainnya tidak serius mengerjakan kendaraan otonom sejauh ini telah mencapai Level 3 di pasar lokal mereka. Sebab itu, Musk mengklaim unit FSD buatanya dapat mencapai otonomi Level 4 pada awal 2022.

Editor : Dani M Dahwilani

Bagikan Artikel: