Generasi Terbaru Meluncur, Apakah Nissan Juke Akan Kembali ke Indonesia?

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 06 September 2019 - 21:30 WIB
Generasi Terbaru Meluncur, Apakah Nissan Juke Akan Kembali ke Indonesia?

Jika melihat kekosongan di sigmen crossover sub kompak, Nissan Juke generasi terbaru kemungkinan akan kembali dihidupkan di pasar Indonesia. (Foto: Carscoops)

JAKARTA, iNews.id - Baru-baru ini, Nissan Juke generasi terbaru diperkenalkan di pasar Eropa. Apakah crossover ini akan dihidupkan kembali di Indonesia setelah sempat mati suri?

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) masih belum mau memberikan keterangan terkait hal tersebut. Namun, jika melihat kekosongan di sigmen crossover sub kompak, Nissan Juke generasi terbaru kemungkinan akan kembali diboyong ke pasar Indonesia.

Meski sudah tidak lagi dipasarkan secara terbuka, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) distribusi Nissan Juke setiap bulan tak lebih dari 10 unit. Namun, NMI tetap menerima pesanan mobil tersebut.

Seperti diketahui, desain Nissan Juke terbaru tampak lebih modern, agressif, sporty dan modern. Hal itu tak lepas dari penggunaan gril V-motion khas Nissan, LED DRL sipit, serta roof-spoiler besar di belakang.

Baca juga: Nissan Juke Generasi Kedua Lahir, Begini Fitur dan Tampilannya

Sejak kehadirannya 10 tahun lalu, Juke kini menggunakan platform baru, yakni CMF-B yang diambil dari basis Renault Captur dan Clio.

Secara dimensi Juke teranyar memiliki panjang 4.210 mm (165,7 in), tinggi 1.595 mm (62,8 in) dan lebar 1.800 mm (70,8 in). Meski lebih luas, bobot mobil ini lebih ringan 23 kg dibandingkan generasi sebelumnya.

Ruang lutut penumpang belakang Nissan Juke kini lebih lebar 58 mm (2,3 in), ruang kepala belakang lebih tinggi 11 mm (0,4 in), dan kapasitas boot 20 persen lebih besar pada 422 liter (14,9 cu-ft).

Secara tampilan, crossover ini terlihat lebih atletis berkat proporsi yang lebih harmonis dengan desain atap mengambang, dan karakter garis kuat. Eksterior depan menggunakan kisi-kisi V-motion khas Nissan dengan lampu depan dan lampu belakang full-LED.

Berbicara lampu depan, Juke mempertahankan lampu utama bundar ikoniknya, namun dengan model lampu baru berbentuk Y dan DRL LED horizontal lebih sipit.

Sistem infotainment NissanConnect yang baru menawarkan tampilan layar sentuh 8 inci kompatibel dengan Apple CarPlay, Android Auto, dan Google Assistant. Sistem suara menggunakan Bose Personal Plus delapan speaker.

Untuk jantung pacu, Nissan Juke generasi kedua menggendong mesin bensin 1.0 liter tiga silinder DIG-T turbocharged. Engine ini menghasilkan tenaga maksimal 117 PS (115 hp) yang dihubungkan melalui transmisi manual 6-percepatan atau tujuh kopling ganda otomatis.

Dari segi teknologi, Juke mengusung fitur Nissan Intelligent Mobility, Intelligent Emergency Braking with Pedestrian and Cyclist Recognition, Traffic Sign Recognition, Intelligent Lane Intervention, Rear Cross Traffic Alert, dan Blind Spot Intervention.

Nissan akan membangun Juke model 2020 di Pabrik Sunderland, Inggris. Pengiriman di pasar Eropa akan dimulai pada akhir November 2019. Nissan Juke terbaru ditawarkan dalam lima varian dengan rentang harga mulai dari Rp301,5 juta hingga Rp414,1 jutaan.


Editor : Dani Dahwilani