GM dan Honda Serius Kembangkan Mobil Listrik Berbaterai Ultium

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 05 September 2020 - 15:04:00 WIB
GM dan Honda Serius Kembangkan Mobil Listrik Berbaterai Ultium
Mobil listrik (Foto: General Motors)

TOKYO, iNews.id - Honda dan General Motors (GM) dikabarkan tengah menjalin aliansi. Pasalnya, inovasi baru GM mengenai mobil listril menggunakan baterai ultium, menarik raksasa otomotif asal Jepang tersebut.

Dilansir dari Car and Drive, Sabtu (5/9/2020), berkat alasan tersebut, keduanya bekerja sama untuk mengembangkan mobil listrik berbaterai ultium. Rencananya, Honda dan GM akan memulai pekerjaannya di awal 2021 dan melahirkan produk pertamanya pada 2024.

"Aliansi ini akan membantu kedua perusahaan mempercepat investasi dalam inovasi mobilitas masa depan dengan mengurangi sumber daya tambahan," kata Presiden General Motors, Mark Reuss.

Nantinya, kedua pabrikan tersebut akan berbagi soal pengerjaan sistem propulsi pembakaran internal dan berlistrik, platform kendaraan, hingga teknologi dan penelitan terbaru.

Sejak kerjasama ini terbentuk, hubungan keduanya semakin meluas dan menguat selama dua dekade dalam mengembangkan dan menghasilkan baterai sel bahan bakar dan teknologi mobil otonom.

"Dengan rekam jejak kolaborasi kami yang kuat, perusahaan akan mewujudkan sinergi yang signifikan dalam pengembangan portofolio kendaraan saat ini," ujar Mark Reuss.

Sebagai informasi, aliansi ini tidak hanya akan menghasilkan teknologi baru, tapi akan menciptakan efisiensi biaya yang substansial dari platform kendaraan bersama dan sistem propulsi.

Penghematan biaya ini berfokus pada sumber bahan, logistik, dan strategi lokalisasi bersama sehingga memungkinkan kedua merek untuk berinvestasi lebih lanjut dalam teknologi masa depan.


Editor : Dini Listiyani