Heboh! Jutaan Mobil di China Terdaftar tapi Tak Pernah Jalan, Diduga Manipulasi demi Citra Penjualan
Pada April 2025, tercatat stok nasional mencapai 3,5 juta unit. Kelebihan kapasitas ini membuat praktik “mobil bekas nol kilometer” semakin menjadi-jadi.
Perang harga di sektor kendaraan energi baru (NEV) makin memperkeruh situasi. Ketergantungan terhadap subsidi mendorong produsen dan deler mengambil jalan pintas. Meski harganya bisa turun hingga 30 persen, risikonya besar. Banyak konsumen tertipu karena mengira mobil masih baru.
Menyikapi kekacauan ini, pemerintah China tak tinggal diam. Kementerian Perdagangan telah memanggil sejumlah pemain besar pada 27 Mei 2025 lalu. Fokus utamanya adalah pengawasan penjualan mobil bekas dan pembenahan transparansi laporan penjualan.
Skandal mobil bekas nol kilometer di China menjadi tamparan keras bagi kredibilitas industri otomotif Negeri Tirai Bambu. Praktik ini bukan hanya menyesatkan konsumen, tapi juga merusak ekosistem jangka panjang.
Editor: Dani M Dahwilani