Honda Patenkan Teknologi Transmisi Semi Otomatis Tanpa Oper Gigi

Riyandy Aristyo ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 12:59 WIB
Honda Patenkan Teknologi Transmisi Semi Otomatis Tanpa Oper Gigi

Pabrikan motor Jepang, Honda mematenkan teknologi transmisi otomatis terbaru tanpa perpindahan gigi. (Foto: Visordown/Honda)

TOKYO, iNews.id - Pabrikan motor Jepang, Honda mematenkan teknologi transmisi otomatis terbaru. Teknologi semi otomatis ini diklaim lebih baik dari sistem Honda matik yang ada saat ini.

Dilansir dari Visordown, Jumat (29/5/2020), sistem semi otomatis tersebut tersemat dalam desain motor retro CB1100 tahun 70-an. Menariknya, pada teknologi ini, Honda menghilangkan sistem DCT (Dual Clucth Transmission).

Seperti diketahui, Honda adalah pabrikan yang mengusai DCT dan terintegrasi dengan fully functioning system in house (ECU). Namun, sistem DCT ini dinilai memiliki bobot yang cukup berat, seperti Honda Africa Twin.

Sistem semi otomatis CB1100 ini tetap memiliki pengaturan gearbox 6-percepatan konvensional layaknya CB1100 saat ini. Bedanya, teknologi pintar Honda ini tidak memiliki tuas kopling untuk pengendara.

Tuas kopling tersebut digantikan dengan sebuah aktuator yang terletak di atas silinder slave kopling yang digunakan layaknya melepas kopling.

Sayang, tidak ada informasi detail terkait sistem kopling semi otomatis ini bekerja atau saat sistem terhubung ke ECU. Sistem ini diprediksi akan bekerja di ambang rpm yang sudah ditentukan.

Foto: Honda
Foto: Honda

Editor : Dani Dahwilani