Honda Siapkan Dana Rp574 Triliun Produksi 30 Model Kendaraan Listrik, Ada 2 Mobil Sport
Mereka juga akan menginvestasikan 342 juta dolar AS untuk baterai solid-state dengan produksi akan dimulai pada musim semi 2024. Model produksi pertama dengan baterai solid-state akan diperkenalkan pada paruh kedua dekade ini. Total anggaran R&D untuk dekade berikutnya 64 miliar dolar AS.
Selain meluncurkan model-model baru, Honda ingin menghasilkan lebih banyak uang dari pembuatan perangkat lunak, mendekati produk listriknya sebagai "terminal" yang dihubungkan oleh "platform lintas domain". Ini akan dibantu oleh aliansi baru dengan sektor bisnis lain, ditambah investasi di startup.
Honda sedang menata ulang struktur organisasinya dengan fokus pada teknologi dan Operasi Pengembangan Bisnis baru (produk dan layanan elektrik, baterai, energi, Mobile Power Pack, hidrogen serta perangkat lunak/teknologi terhubung), menggantikan divisi terkait produk sebelumnya (mobil, sepeda motor, produk listrik).
Perusahaan telah merampingkan bisnisnya saat ini, sesuai rencana untuk mengurangi biaya sebesar 10 persen sejak 2018. Jumlah variasi (perlengkapan trim dan opsional) model global telah berkurang lebih dari setengahnya sejak 2018, dan menuju tujuan menguranginya menjadi sepertiga pada 2025.
Sejalan dengan tren global dekarbonisasi, Honda ingin mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaannya pada 2050. Namun, tujuan ini tidak akan dicapai dengan “hanya mengganti mesin dengan baterai”, tetapi dengan “berbagai solusi untuk semua produk mobilitasnya” yang disesuaikan untuk setiap wilayah. Meskipun baru-baru ini menghentikan satu-satunya kendaraan sel bahan bakar hidrogen dalam jajarannya (Clarity), Honda masih percaya pada hidrogen serta baterai yang dapat ditukar meskipun tidak ada waktu khusus yang diberikan untuk itu.
Editor: Dani M Dahwilani