Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Hyundai Ioniq 9 Segera Meluncur di Indonesia, Apa Akan Melantai di GJAW?
Advertisement . Scroll to see content

Hyundai dan Kia Ciptakan Transmisi Baru Bisa Membaca Jalan dan Bergerak Sendiri

Minggu, 23 Februari 2020 - 21:45:00 WIB
Hyundai dan Kia Ciptakan Transmisi Baru Bisa Membaca Jalan dan Bergerak Sendiri
Teknologi transmisi ICT Connect Shift System Hyundai dan Kia memungkinkan kendaraan secara otomatis beralih gigi setelah mengidentifikasi kondisi jalan dan lalu lintas. (Foto: Mobil1/Hyundai)
Advertisement . Scroll to see content

SEOUL, iNews.id - Hyundai dan Kia telah merevolusi teknologi continuously variable transmission (CVT) dengan versi mereka dari tipe transmisi Smartstream Intelligent Variable Transmission (IVT). Teknologi ini menjanjikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Dilansir dari Mobil1, Minggu (23/2/2020), transmisi tersebut telah disematkan pada Hyundai Accent. Hasilnya, efisiensi bahan bakar meningkat mencapai 36 mil per galon, dari 32 mpg pada model sebelumnya.

Namun, tidak berhenti di situ. Duo Korea Selatan tersebut menciptakan Information and Communication Technology (ICT) Connected Shift System (sistem terhubung teknologi informasi dan komunikasi). Teknologi baru ini memungkinkan kendaraan secara otomatis beralih gigi secara optimal setelah mengidentifikasi kondisi jalan dan lalu lintas di depan.

Bagaimana cara kerjanya? Sistem bergerak melalui informasi navigasi real-time yang dikirim melalui kamera, radar dan navigasi 3D yang dilengkapi peta jalan akurat.

Sementara pemindahan otomatis kendaraan Hyundai dan Kia saat ini, Smart Drive Mode, bergantung pada preferensi pengemudi. Namun, ICT Connect Shift System dapat memprediksi situasi di depan.

Navigasi 3D mengumpankan ketinggian, gradien, kelengkungan, dan berbagai aktivitas jalan yang akan datang serta kondisi lalu lintas real time. Radar mendeteksi kecepatan dan jarak kendaraan, sementara kamera memberikan informasi jalur.

Berdasarkan skenario pengujian perusahaan, ICT Connect Shift System mengurangi frekuensi pergeseran menikung di jalan sebesar 43 persen. Frekuensi pengereman juga telah dikurangi 11 persen dalam skenario yang sama, sehingga mengurangi kelelahan pengemudi dan keausan rem.

Hyundai dan Kia ingin menerapkan ICT Connect Shift System pada model kendaraan masa depan mereka. Ini kemungkinan akan digabungkan dengan teknologi otonom. Apakah akan menjadi kenyataan? Menarik untuk ditunggu.

Editor: Dani M Dahwilani

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut