Hyundai Hati-hati Kembangkan Mobil Tanpa Sopir, Ini Penjelasannya
Nah, karena masih level 2, di mana masih ada pengemudi, maka jika terjadi kecelakaan tentu yang bertanggung jawab adalah pengemudi.
Hal ini berbeda dengan level 3, maka jika terjadi kecelakaan yang bertanggung jawab adalah perusahaan," imbuh Byoung Choon Lee.
Meski demikian, masalah siapa bertanggung jawab atas kecelakaan ini juga akan sangat tergantung pada regulasi di masing-masing negara.
Menyangkut aspek keamanaan dan keselamatan berkendara, Hyundai Motor Group, selain memasang kamera juga memasang radar. Hal ini berbeda dengan autonomous car milim Tesla yang hanya mengandalkan kamera.
"Kalau hanya memakai kamera maka saat terjadi hujan atau malam akan sangat bermasalah. Untuk itu kami di Hyundai menggunakan kamera dan radar," ujarnya.
Ditambahkan oleh kata kata Yong Wha Kim, dalam mengembangkan mobil tanpa sopir ini, pihak Hyundai harus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untun mendapatkan teknologi tertinggi demi keamanan pengendara.
Editor: Ismet Humaedi