Hyundai Ioniq 5 Jadi Mobil Balap, Tampilannya Lebih Berotot
Meski banyak mendapat tempelan baru di bagian body, Hyundai mengklaim mobil balap ini jauh lebih ringan 200-250 kilogram dibanding Hyundai Ioniq 5 N. Pasalnya mereka memangkas beberapa bagian mobil seperti mengganti jendela samping dan belakang dengan menggunakan polikarbonat. Beberapa komponen lain yang tidak perlu juga langsung dicopot
Agar kemampuan bermanuver makin tinggi, Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup juga punya suspensi baru. Suspensi itu bahkan bisa diatur ketinggiannya hingga bisa nempel ke tanah.
Mobil balap buatan Korea itu nantinya akan menggunakan satu set slick balap baru berukuran 280/680R18. Remnya akan terdiri dari kaliper 6 piston di depan dan kaliper 4 piston di belakang pada bantalan balap.
Sayangnya Hyundai tidak mengungkap kemampuan baterai mobil balap tersebut. Hanya saja Carscoops menduga baterai yang digunakan sama dengan yang ada di Hyundai Ioniq 5 N yaitu 84 kWh. Jadi kemampuannya mungkin akan sama yakni tenaga sebesar 641 daya kuda.
Hyundai mengatakan bahwa setiap tim balap akan memiliki akses ke versi khusus dari sistem N Active Sound+, yang memberi mereka pilihan untuk mengeluarkan suara knalpot palsu yang berbeda. Selain itu, pembalap akan dapat menggunakan N Grin Boost untuk tenaga ekstra saat menyalip, dan fungsi N e-Shift menambahkan gigi virtual.
Diperkirkan pengembangan mobil Hyundai Ioniq 5 eN1 Cup akan selesai pada Februari 2024. Debut balapnya diharapkan pada Mei 2024, sebagai bagian dari seri balap satu merek di Korea.
Editor: Ismet Humaedi