IIHS Uji Keselamatan Kendaraan Bertenaga Sel Pertama Hyundai Nexo, Ini Hasilnya

Dani M Dahwilani ยท Senin, 12 Agustus 2019 - 07:29 WIB
IIHS Uji Keselamatan Kendaraan Bertenaga Sel Pertama Hyundai Nexo, Ini Hasilnya

Kendaraan berbahan bakar sel, Hyundai Nexo mencetak peringkat uji kecelakaan dan sistem keselamatan tertinggi, Top Safety Pick + +. (Foto: Carscoops/Hyundai))

LOS ANGELES, iNews.id - Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat untuk pertama kalinya menguji tingkat keselamatan kendaraan berbahan bakar sel alias hidrogen, Hyundai Nexo. Bagaimana hasilnya?

Dilansir dari Carscoops, Senin (12/8/2019) mobil yang hanya tersedia di California, Amerika ini mencetak peringkat uji kecelakaan dan sistem keselamatan tertinggi, Top Safety Pick + +.

Diketahui, agar memenuhi syarat peringkat teratas, kendaraan harus mencapai penilaian 'Bagus' dalam enam uji kelayakan, termasuk tumpang tindih kecil depan dan kanan, tumpang tindih moderat depan, samping, kekuatan atap serta kursi kepala. Ini membutuhkan peringkat superior dalam pencegahan kecelakaan depan dan peringkat lampu yang baik.

"Sistem pencegahan kecelakaan depan menghasilkan peringkat terbaik. Kendaraan menghindari tabrakan dalam tes trek 12 mph dan 25 mph (19-40 km/jam) dan memiliki sistem peringatan tabrakan yang memenuhi kriteria Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA)," ujar IIHS dalam keterangannya.

Nexo 2019 dibanderol 58.300 dolar AS sebelum insentif. Model dasar mobil ini memiliki lampu depan LED standar, velg 17 inci, kulit sintetis, kursi depan dengan sistem pemanas dan dapat disetel secara elektrik.

Mobil ini juga dilengkapi sejumlah sistem bantuan mengemudi, seperti pengereman darurat otomatis, peringatan blind spot, dan kontrol jelajah adaptif.

Untuk mengisi tangki hidrogen, mobil tersebut membutuhkan waktu 5 menit dengan daya jangkau kendaraan, masing-masing 380 mil (612 km) untuk model Nexo Blue dan 354 mil (570 km) model Limited.

Kedua model ini memiliki tenaga maksimal 161 hp (163 PS/120 kW) dan torsi 291 lb-ft (394 Nm). Mobil tersebut mampu berlari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam waktu 9,5 detik.

Hyundai Nexo


Editor : Dani Dahwilani