Ini Akibatnya jika Terlalu Sering Menginjak Pedal Kopling Mobil

Riyandy Aristyo ยท Sabtu, 12 September 2020 - 11:30 WIB
Ini Akibatnya jika Terlalu Sering Menginjak Pedal Kopling Mobil

Keseringan injak kopling bikin mobil cepat rusak (Foto: Car and Drive)

JAKARTA, iNews.id - Kopling merupakan salah satu komponen penting bagi kendaraan, khususnya mobil. Kebiasaan berkendara yang buruk bisa membuat kopling jadi cepat rusak.

Pemilik bengkel mobil Auto Glaze, Ardi Winardi mengatakan, kebiasaan yang bisa mengakibatkan kopling mobil manual cepat rusak salah satunya adalah menginjak dan melepas pedal kopling dengan sangat kasar.

"Kebiasaan ini biasanya terjadi saat pengemudi melepaskan pedal kopling, sementara transmisi mobil belum berpindah. Akibatnya, terdengar bunyi kasar pada kopling," katanya saat dihubungi iNews.id, Sabtu (12/9/2020).

Penyebab kopling mudah rusak selanjutnya menurut Ardi yakni jika pengemudi terlalu sering menginjak pedal kopling atau biasa disebut kebiasaan menggantung kopling maupun setengah kopling.

"Biasanya keseringan menginjak kopling mobil manual saat berkendara dilakukan oleh pengemudi pemula atau bisa juga terjadi pada pengemudi yang malas mengangkat kakinya di pedal kopling," ujarnya.

Ardi menjelaskan, akibat yang terjadi jika terlalu sering menginjak kopling yakni proses aus pada bantalan rilis dan pelat kopling mobil cepat mengalami kerusakan. Tanda-tanda pelat kopling sudah rusak biasanya tercium bau hangus menyengat.

"Biasanya yang pertama kena imbasnya adalah pelat kopling. Bahkan yang lebih ekstrem lagi kopling bisa tercium bau hangus"," katanya.

Editor : Vien Dimyati