Jauh Sebelum Esemka, Berikut 9 Kendaraan yang Digadang-gadang sebagai Mobil Nasional
4. MR 90 (1994)
MR 90 atau kependekan dari Mobil Rakyat era 90-an, merupakan proyek nasionalisasi dan pengembangan dari varian Mazda 323 Hatchback.
Pengembangannya dilakukan pada 1994 oleh PT Indomobil sebagai importir umum merek dagang Mazda di Indonesia.
5. Beta 97 (1994)
Pada 1994 Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers, juga sempat menciptakan Beta 97 sebagai mobil nasional, dan didesain oleh Shado asal Inggris.
Pihak Bakrie sudah melakukan persiapan dan rencananya diluncurkan pada Desember 1997. Namun, krisis moneter mengubur Beta 97, ditambah tumbangnya era Soeharto pada 1998.
6. Timor (1995)
Timor mungkin salah satu mobnas yang juga banyak diketahui oleh masyarakat saat ini. Bagaimana tidak, Timor yang merupakan kependekan dari Teknologi Industri Mobil Rakyat ini berada di bawah naungan PT Timor Putra Nasional, perusahaan milik Tommy Soeharto.
7. Bimantara (1996)
Senada dengan Timor, Bimantara adalah proyek mobil nasional yang digalang oleh keluarga Cendana. Bila Timor disokong oleh Tommy, Bimantara dibangun oleh Bambang Trihatmojo.
Menggandeng Hyundai sebagai kongsi pemasok komponen, Bimantara juga wafat dan tak berlanjut proyeknya sejak 1998.