Jozef Kaban Kembali Gabung VW Group, Duduki Kepala Desain Merek Volkswagen

Dani M Dahwilani ยท Minggu, 08 Desember 2019 - 18:39 WIB
Jozef Kaban Kembali Gabung VW Group, Duduki Kepala Desain Merek Volkswagen

Jozef Kaban akan bertindak sebagai kepala desainer merek Volkswagen Passenger Cars, berlaku mulai 1 Juli 2020, menggantikan Klaus Bischoff. (Foto: Carscoops)

BERLIN, iNews.id - Volkswagen (VW) Group telah mengumumkan perombakan departemen desainnya. Perubahan paling signifikan adalah kembalinya Jozef Kaban.

Pria asal Slovakia ini tidak asing bagi produsen mobil Jerman. Dilansir dari Carscoops, Minggu (8/12/2019), setelah meninggalkan VW Group, dia sempat menduduki jabatan sebagai kepala desain eksterior Skoda pada 2008-2017.

Kemudian bergabung dengan BMW Group sebagai kepala desain untuk merek inti BMW. Selanjutnya, pada Maret 2019, bergabung dengan Rolls-Royce. Namun, dia hanya bertahan enam bulan.

Dalam peran barunya di VW Group, Kaban akan bertindak sebagai kepala desainer merek Volkswagen Passenger Cars, berlaku mulai 1 Juli 2020. Posisi ini akan dikosongkan Klaus Bischoff, yang akan dipromosikan sebagai kepala desain VW Group mulai 1 April 2020.

Baca juga: Perempuan Ini Hobi Koleksi Mobil McLaren Seharga Miliaran Rupiah, Ada Senna F1

Michael Mauer, yang saat ini mengepalai VW Group Design dan departemen desain Porsche, akan fokus pada tanggung jawabnya di Porsche begitu Klaus Bischoff mengambil alih.

Portofolio Jozef Kaban adalah campuran kendaraan liar, mulai dari Volkswagen Lupo hingga Bugatti Veyron. Dia benar-benar memulai kariernya dalam desain eksterior di Volkswagen pada 1993. Di mana dia menjadi pemimpin tim, dan secara bersamaan mendesain eksterior Bugatti dari 1998.

Pada 2003, dia pindah ke Audi. Kaban ditunjuk sebagai kepala desain eksterior pada 2006. Pada 2008 hingga 2017, pria 46 tahun yang memegang gelar Master of Arts dalam desain kendaraan dari Royal College of Art London ini memegang tanggung jawab desain merek Skoda.

Kaban berjasa dalam meremajakan desain merek Ceko dengan mobil-mobil seperti Octavia generasi ketiga dan Superb, facelift kontroversial Octavia pada 2017, serta Skoda Kodiaq dan SUV Karoq.


Editor : Dani Dahwilani